Beranda Headline Perusahaan Outsourcing yang Abaikan Pencaker Asli Karawang Diminta Ditindak Tegas

Perusahaan Outsourcing yang Abaikan Pencaker Asli Karawang Diminta Ditindak Tegas

Perusahaan outsourcing karawang
Direktur LBH Nusantara, Yono Kurniawan meminta perusahaan outsourcing yang abaikan pencaker lokal ditindak tegas.

KARAWANG – Tingginya angka pengangguran di Kabupaten Karawang masih menjadi problem utama yang harus dicarikan solusinya oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karawang.

Pasalnya, tingkat pengangguran berkorelasi dengan tingkat kemiskinan dan angka kriminalitas.

Direktur LBH Nusantara, Yono Kurniawan mengungkapkan, salah satu biang keladi persoalan pengangguran di Karawang, yakni keberadaan perusahaan alih daya atau outsourcing yang rekrutmennya menyerap tenaga kerja dari luar Karawang.

Baca juga: Kepulangan Dede Asiah ke Karawang Masih Temui Jalan Buntu

Pemkab Karawang melalui Disnakertans diminta bersikap tegas terhadap perusahaan outsourcing yang tak memprioritaskan penyerapan tenaga kerja asli Karawang.

“Saya kemarin berdiskusi dengan bu Kadisnaker, saya bilang terus terang harus ada ketegasan dari pemerintah, perusahaan outsourcing yang tidak mau mengakomodir tenaga kerja asli Karawang, jangan diberi tempat dan izin di Kabupaten Karawang,” tegas Yono, Kamis (4/5/2023).

Saat ini, lanjut dia, pihaknya tengah menginventarisir perusahan-perusahaan outsourcing ‘nakal’ yang kerap merekrut pekerjanya dari luar Karawang.

“Sudah ada satu yang terindikasi kuat, perusahaan outsourcing yang berkantor di Karaba menyuplai tenaga kerja ke Honda, kebanyakan pekerjanya orang luar Karawang,” tandasnya.