Beranda Regional Peta Daerah Rawan, Bawaslu Cegah Potensi Konflik

Peta Daerah Rawan, Bawaslu Cegah Potensi Konflik

KOTA BEKASI, TVBERITA.CO.ID- Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Bekasi terus melakukan upaya pendekatan, pencegahan, sekaligus penindakan untuk mengantisipasi kerawanan Pemilu.

Pendekatan pencegahan dalam pengawasan Pemilu Serentak tahun 2019 tentu saja memerlukan pemetaan seperti diatur dalam Undang Undang nomor 7 Tahun 2017 Pasal 94 ayat (1) huruf a dengan penilaian yang komprehensif atas potensi pelanggaran dan kerawanan dalam penyelenggaraan Pemilu.

Komisioner Bawaslu Kota Bekasi, Ali Mahyail mengatakan pihaknya sudah memetakan Indeks Kerawanan Pemilu (IKP) kota Bekasi. Pemetaan menurutnya penting untuk memetakan potensi konflik di wilayah Kota Bekasi. “Kita sudah petakan potensi kerawanannya, wilayah mana, motifnya dan bagaimana pencegahannya,” kata Ali kepada Berita Bekasi, Selasa (18/12).

Menurutnya, daerah yang paling rawan di Kota Bekasi adalah wilayah Bekasi Utara. Menurutnya penyebab kerawananya beragam, mulai dari konstituen yang fanatik dengan kubu tertentu hingga saling dukung pendukung masing-masing secara berlebihan.

“Karena pemilu mendatang tidak hanya pemilihan legislatif namun juga pemilihan presiden dan wakilnya,” jelas Ali. Lebih lanjut, Ali menambahkan penemuan kerawanan pemilu sudah dilaporkan ke Polres Kota Bekasi. Nantinya pihak Polres akan memfokuskan pengamanan di titik yang mempunyai kerawanan tinggi.

“Jadi Bawaslu Kota Bekasi hanya memberi laporan, yang menindaklanjuti laporannya adalah kepolisian,” Pungkas Ali. (cr1/fzy)