Beranda Headline Petani di Karawang Boleh Beli BBM Pakai Jerigen, Tapi Ada Syaratnya

Petani di Karawang Boleh Beli BBM Pakai Jerigen, Tapi Ada Syaratnya

Petani tengah mengoperasikan alsintan. (foto/ist)

KARAWANG – Kabar gembira bagi para petani. Menjelang masa panen, para petani kini tidak perlu khawatir kekurangan terkait bahan bakar yang mereka gunakan. Pasalnya, mereka diperbolehkan membeli pertalite dalam kemasan jerigen. Namun ada syaratnya. Apa itu?

Syaratnya, petani dapat memperoleh pertalite dalam kemasan jerigen melalui surat keterangan UPTD Pengolahan Pertanian.

Baca juga: Larangan Beli BBM lewat Jerigen Bikin Pusing, Petani Cilamaya Wetan Ancam Tutup Jalan

“Untuk para petani yang membutuhkan bahan bakar jenis pertalite bisa langsung menghubungi kepala desa untuk membuat surat keterangan kepada UPTD. Selanjutnya, UPTD Pertanian yang langsung menyodorkan keterangan kepada pom-pom terdekat,” ungkap Kepala UPTD Pengelolaan Pertanian Cilamaya Wetan, Wasma Kepada tvberita.co.id, Selasa (17/5).

Pihaknya juga memahami jika Pertamina saat ini melarang pembelian pertalite dengan kemasan jerigen, karena dikhawatirkan ada penyalahgunaan.

Kepala UPTD Pengelolaan Pertanian Cilamaya Wetan, Wasma.

“Namun khusus untuk kebutuhan panen maupun masa tanam petani yang menggunakan alsintan (alat mesin pertanian) insha Allah bisa menggunakan surat keterangan dari UPTD Pertanian,” terangnya.

Baca juga: Nestapa Petani di Karawang: Dicekik Modal Mahal, Dihantui Para Calo

Sebab, sambung Wasma, petani membutuhkan bahan bakar jenis pertalite untuk kebutuhan alsintan. Karena jika menggunakan bahan bakar jenis lain, seperti pertamax maupun jenis pertamax turbo tidak seimbang dengan pendapatan mereka.

“Di samping keuntungan para petani, juga untuk mendukung program pemerintah dalam program ketahanan pangan. Selain keuntungan sendiri, berkaitan juga dengan titah pemerintah,” terangnya. (Rok/kii)