Beranda Regional Petani Panen Garam di Karawang, tapi Harganya Rendah

Petani Panen Garam di Karawang, tapi Harganya Rendah

KARAWANG, TVBERITA.CO.ID- Sejumlah daerah di Kabupaten Karawang mulai melakukan panen garam. Petani garam pun menikmati harga yang cukup baik, yaitu Rp 1.500 per kilogram (kg).

Suparno (52 tahun) pembudidaya garam asal Desa Pasir Jaya, Kecamatan Cilamaya Kulon, mengatakan, saat ini budidaya garam mulai terlihat hasilnya. Karena di sejumlah areal sudah memerlihatkan aktivitas panen seperti di areal tambak miliknya.

“Kami sudah panen sejak lima hari ke belakang. Garam yang terkumpul mencapai sudah lebih dari tiga ton,” ujarnya, Selasa (24/7).

Akan tetapi, seiring dengan memasuki masa panen, harga garam mengalami penurunan. Termasuk, saat ini harganya hanya Rp 1.500 per kg. Padahal, sebelum panen harganya mencapai Rp 2.500 per kg.

Meski mengalami penurunan, lanjut Suparno, harga saat ini terbilang masih sangat bagus. Karena, pada puncak panen harga garam akan terjun bebas.

Ketua Forum Komunikasi Kelompok Usaha Garam Rakyat (FK Kugar) Kabupaten Karawang, Aep Suhardi, membenarkan jika saat ini di sejumlah wilayah sudah ada yang panen garam. Hal itu terjadi di Desa Muara Baru Kecamatan Cilamaya Wetan, Desa Pasirjaya Kecamatan Cilamaya Kulon, serta Desa Ciparage Jaya di Kecamatan Tempuran.

“Totalnya ada 200 hektare tambak garam. Tahun ini, budidaya garam sesuai rencana tidak mengalami masalah,” ujarnya.

Panen garam diperkirakan mencapai puncaknya pada Agustus hingga September. Petani langsung menjual garam tersebut saat harga masih bagus. Jika sudah memasuki puncak panen, sambungnya, ada kemungkinan sebagian garam ini akan disimpan di gudang. Sebab, terhitung tahun ini Karawang telah memiliki resi gudang untuk menyimpan garam. Dengan demikian, garam yang dipanen tidak 100 persen dijual melainkan sebagian akan disimpan buat stok ke depan.(kb)