Beranda Headline Plt Bupati Karawang Ingatkan Setiap OPD Jangan Ogah-ogahan Tangani Stunting

Plt Bupati Karawang Ingatkan Setiap OPD Jangan Ogah-ogahan Tangani Stunting

Opd karawang tangani stunting
Plt Bupati Karawang, Aep Syaepuloh.

KARAWANG – Plt Bupati Karawang, Aep Syaepuloh berulang kali menegaskan jika semua jajaran organisasi perangkat daerah (OPD) wajib mengambil peran dalam penanganan stunting.

Artinya, untuk menekan kasus stunting perlu keterlibatan semua pihak, bukan hanya dibebankan ke DPPKB atau Dinas Kesehatan saja.

“Stunting ini bukan musuhnya keluarga, tetapi musuh kita semua, yang rugi kita semua. Artinya, tanggungjawab penanganan stunting bukan hanya dibebankan ke OPD tertentu, karena semua harus sinergi,” tegas Aep ke ke sejumlah jajaran OPD dalam momentum Hari Ikan Nasional di Dinas Perikanan Karawang, Kamis, 30 November 2023.

Baca juga: Pola Asuh Keliru, 51 Anak di Desa Parungmulya Karawang Alami Stunting

Dia mengulas, tahun ini Karawang menargetkan penurunan stunting hingga 8 persen. Maka untuk mewujudkan itu, setiap dinas bisa menyesuaikan tupoksinya dalam menangani stunting.

Semisal, kata dia, Disparbud Karawang bisa mengkampanyekan pencegahan stunting lewat panggung seni dan budaya ke masyarakat.

Baca juga: Biar Tak Ngeluh Harga Mahal, Pj Bupati Purwakarta Minta Warga Tanam Cabai Sendiri

“Atau Disdikpora kan intens komunikasikan ke kepala sekolah agar melakukan pencegahan stunting terhadap anak. Kita ini memiliki sumberdaya OPD yang pintar, tapi harus saling mengingatkan, saling bersinergi,” kata dia.

“Yang terpenting program penanganan stunting jangan melulu bersifat seremoni, tapi harus ditindaklanjuti dan berdampak terhadap penurunan prevalensi stunting,” tandasnya. (*)