Beranda Regional Pondok Bungur Menjadi Desa Sadar Jaminan Sosial Ketenagakerjaan

Pondok Bungur Menjadi Desa Sadar Jaminan Sosial Ketenagakerjaan

PURWAKARTA, TVBERITA.CO.ID- Desa Pondok Bungur Kecamatan Pondok Salam Kabupaten Purwakarta didaulat menjadi Desa Sadar Jaminan Sosial Ketenagakerjaan di Kabupaten Purwakarta karena telah mendaftarkan seluruh perangkat desanya menjadi peserta BPJS TK dan merupakan desa yang memiliki peserta BPJS TK terbanyak se Kabupaten Purwakarta.

BPJS TK Purwakarta merespon dengan positif kepesertaan para aparat desa hingga guru ngaji yang mengalokasikan 2,5 persen dari penghasilan para peserta tersebut, sehingga Kepala BPJS TK Purwakarta Didi Sumardi beserta Camat Pondok Salam Dede Sanusi, Ketua MUI Purwakarta Jhon Dien dan undangan lainnya meresmikan Kecamatan Pondok Salam dan Desa Pondok Bungur menjadi Kecamatan dan Desa Sadar Jaminan Sosial Ketenagakerjaan.

Selain itu dalam kegiatan tersebut Kepala Cabang BPJS TK Purwakarta Didi Sumardi memberikan secara simbolis klaim kepesertaan yang meninggal dunia kepada ahli waris Ketua DKM Desa Pondok Bungur yang meninggal dunia saat memberikan ceramah agama dengan nilai Rp 103.800.000 dan Rp 24 Juta kepada ahli waris Ketua RW Desa Parakan Salam Kecamatan Pondok Salam meninggal dunia saat melaksanakan tugasnya.

“Program ini positif, karena bisa memberikan rasa aman dalam bekerja yang dilakukan sehari-hari oleh aparat desa,”jelas Camat Pondok Salam Dede Sanusi disela kegiatan penyerahan secara simbolis kepesertaan BPJS TK di Desa Pondok Bungur, Kamis (4/10).

“Total 11 desa dengan 618 orang plus staf kecamatan pun sudah menjadi peserta BPJS TK, dan yang banyak jumlah kepesertaannya Desa Pondok Bungur, selanjutnya kami akan meningkatkan kepesertaan dari kader PKK, Bidan, Paraji, Amil dan lainnya”paparnya.

“Sekarang ini kan baru JKK dan JK kedepan kami inginkan juga ada JHT dan JP, ini berkat sosialisasi dari BPJS TK dan seharusnya didukung oleh Pemerintah Daerah yang juga gencar mensosialisasikan BPJS TK, sampai saat ini pemerintah daerah juga belum ada yang melakukan kegiatan seperti ini dan hanya BPJS TK saja yang kerap memberikan sosialisasi,”pungkasnya.

Sementara Kepala Cabang BPJS TK Purwakarta Didi Sumardi mengatakan dengan kesadaran masyarakat untuk menjadi peserta BPJS TK hari ini maka peningkatan kepesertaan semakin meningkat.

“Kami harapkan peserta terus meningkat, dengan kesadaran sendiri dan paham akan pentingnya BPJS TK,”jelasnya.

“Karena ini merupakan amanat undang-undang seharusnya tugas kita bersama untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat banyak, dan yang lebih terdepan itu ya pastinya harus pemerintah daerah,”tegasnya.(trg/ris)