Beranda Regional Presiden Jokowi Daftar ke KPU di Hari Terakhir

Presiden Jokowi Daftar ke KPU di Hari Terakhir

KARAWANG, TVBERITA.CO.ID- Teka-teki siapa Cawapres Jokowi dan kapan diumukannya segera terjawab. Hal itu diungkapkan Ketua Umum DPP Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Romahurmuziy saat berkunjung ke Karawang.

Romi sapaan karibnya, menyebutkan bahwa Joko Widodo berencana mengumumkan calon wakil presiden (cawapres) pendampingnya pada 9 Agustus. Dan satu nama telah disepakati saat pertemuan para ketua umum enam partai koalisi dengan Jokowi pada 23 Juli 2018.

“Berdasarkan komunikasi terakhir saya dengan presiden (Jokowi) pada hari Selasa lalu, (cawapres) akan diumumkan pada 9 Agustus 2018, dan akan didaftarkan ke KPU pada 10 Agustus 2018,” ucap Romi di sela kunjungan ke Pondok Pesantren Al Furqon, Klari, Karawang, Sabtu (4/8/2018).

Sementara itu, terkait desakan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) agar Muhaimin Iskandar atau Cak Imin menjadi pendamping Jokowi pada Pilpres 2019 mendatang, Romi menyebutkan bahwa politik itu dinamis. Hanya saja, Romi tetap berpegang pada satu nama yang telah disepakati bersama.

“Politik itu dinamis kurang satu detik saja bisa berubah. Istilahnya sebelum janur kuning melengkung masih ada kesempatan. Kecuali jika sudah ditandatangani pendaftaran di KPU-nya,” ungkapnya.

Romi mengakui, setiap partai yang tergabung dalam koalisi telah mengusulkan satu nama. Namun, lanjut dia, cawapres tetap merupakan hak prerogatif calon presiden (capres).

“Setelah setiap partai koalisi mengusulkan calon. Pak Jokowi menetapkan satu calon dan sudah disepakati bersama,” ungkapnya.(kb)