Beranda Karawang Puluhan Ormas di Karawang Diguyur Dana Hibah Rp 1 M

Puluhan Ormas di Karawang Diguyur Dana Hibah Rp 1 M

Dana hibah ormas di karawang
Ilustrasi dana hibah. (Ist)

KARAWANG – Puluhan organisasi masyarakat (ormas) dan LSM di Karawang, Jawa Barat diguyur dana hibah sebesar Rp 1 miliar oleh Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Baskebangpol) Karawang.

“Untuk di tahun 2023 ini ada sebanyak 40 Ormas dan LSM yang terdaftar mendapatkan dana hibah, yang totalnya mencapai Rp 1 Miliar,” ungkap Kasi Orkemas dan Penanganan Konflik pada Badan Kesbangpol Karawang, Aep Syaepudin, Kamis, 9 November 2023.

Selain ormas, bantuan senilai Rp 1 miliar itu juga meliputi lembaga mitra strategis pemerintah yang sudah ditetapkan seperti Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB).

“Dana itu merupakan bentuk kepedulian kepedulian pemerintah terhadap Ormas dan LSM di Karawang, serta merangsang kemandirian mereka untuk berorganisasi,” ujarnya.

Dana tersebut, lanjut dia, sudah melalui mekanisme sesuai aturan. Artinya, penyalurannya bukan secara cuma-cuma.

“Harus memiliki organisasi yang jelas dan berbadan hukum. Lalu, harus standar dan sesuai dengan Juklak Juklisnya,” jelasnya.

Melalui penyaluran dana tersebut, dia harapkan ormas dan LSM di Karawang dapat lebih mandiri dan memberikan dampak positif bagi masyarakat.

“Ya semoga mereka lebih mandiri berorganisasi, lalu bisa lebih bermanfaat dengan menyelenggarakan kegiatan-kegiatan positif untuk masyarakat di Kabupaten Karawang,” tandasnya. (*)