Beranda Headline Punya Ratusan Anggota di Karawang, Sumber Dana Khilafatul Muslimin Ternyata dari Ini…

Punya Ratusan Anggota di Karawang, Sumber Dana Khilafatul Muslimin Ternyata dari Ini…

KARAWANG – Kesbangpol (Kesatuan Bangsa dan Politik) Karawang mengungkap fakta terbaru terkait sumber dana Khilafatul Muslimin dalam menjalankan kegiatannya.

Diketahui, Khilafatul Muslimin didirikan sejak tahun 1997 silam. Anggotanya sendiri di Karawang berjumlah 200 orang.

Kepala Kesbangpol Karawang, Sujana Ruswana menuturkan, mereka menggalang dana dari internal kelompoknya sendiri dibalut infaq dan sedekah dalam kotak amal.

“Penggalangan muai dari uang pendaftaran masuk sebesar Rp200 ribu, lalu iuran rutin Rp2.000 per hari,” ungkap Sujana, Jumat (10/6).

Rinciannya, dari pendaftaran Rp200 ribu tersebut Rp20 ribu untuk biaya pendidikan, Rp20 ribu biaya kesehatan. “Lalu Rp160 ribu-nya sebagai uang kas untuk menjalankan organisasi,” sebutnya.

Sebelumnya, Polres Karawang menetapkan 2 tersangka terkait konvoi Khilafatul Muslimin yang berpotensi makar di Karawang beberapa waktu lalu.

Kedua tersangka berinisial HN (60) dan EU. HN merupakan amir (pimpinan) wilayah Purwasuka (Purwakarta-Subang-Karawang) dan EU amir di cabang Karawang.

“Dari serangkaian penyidikan kami tetapkan HN dan EU sebagai tersangka,” kata Kapolres Karawang, AKBP Aldi Subartono, Jumat (10/6).

Penetapan tersangka berdasarkan pemeriksaan saksi ahli seperti ahli pidana, ahli bahasa, sosiologi, MUI, Kesbangpolinmas, dan Kemenag. (kii)