Beranda Karawang Pupuk Kujang Bantu Lembaga Kegiatan Belajar Masyarakat Hasilkan Tenaga Kerja Berkualitas

Pupuk Kujang Bantu Lembaga Kegiatan Belajar Masyarakat Hasilkan Tenaga Kerja Berkualitas

Pupuk kujang tenaga kerja
Ilustrasi/istimewa.

KARAWANG – Pupuk Kujang terus berupaya melakukan berbagai upaya pelatihan untuk mencetak tenaga kerja handal di masyarakat. Saat ini, perusahaan mendampingi sejumlah lembaga pelatihan untuk membekali masyarakat berbagai skill dan keterampilan.

Sejumlah lembaga bahkan telah mandiri dan mampu mencetak banyak individu yang mampu berkarya. Lembaga yang telah mandiri itu adalah Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Tim Suara Masyarakat Dawuan (TSMD).

Di lembaga tersebut, Pupuk Kujang menjadi donatur tetap sejak tahun 2005. Direktur Pupuk Kujang saat itu, Aas Asikin Idat memutuskan untuk membantu TSMD karena peduli pada masyarakat di sekitar perusahaan.

Baca juga: Senangnya Warga Karawang Ikut Mudik Gratis Bareng Pupuk Kujang: Seperti Piknik

“Masyarakat Desa Dawuan sowan ke Pupuk Kujang. Direktur Utama saat itu, Pak Aas Asikin Idat merespon positif dan mendukung lahirnya pusat kegiatan belajar masyarakat di Desa Dawuan,” ujar Endin Hasanudin, salah satu pengurus TSMD saat dihubungi melalui telepon, Jumat (5/5/2023).

Endin menuturkan, bantuan Pupuk Kujang telah membuat lembaga pembelajaran masyarakat itu mampu berjalan dengan baik. Awalnya, lembaga bergerak di bidang pendidikan, dengan membuka kelas kesetaraan mulai dari Paket A, paket B hingga paket C.

“Dengan program itu, masyarakat terbantu. Mendapat ilmu bahkan mampu melanjutkan sekolah untuk kehidupan yang lebih baik,” kata Endin.

Seiring waktu, PKBM di Desa Dawuan kemudian berkembang. Tak hanya berkiprah di pendidikan kesetaraan, lembaga tersebut mulai membuka berbagai pelatihan gratis untuk masyarakat. Para peserta yang haus ilmu, dilatih berbagai keterampilan, diantaranya, pelatihan komputer, pelatihan sablon, hingga ervis AC.

Baca juga: Pupuk Kujang Bantu Pelaku UMKM Tingkatkan Kualitas Minuman Jeruk Nipis hingga Raih SNI

“Hingga saat ini sudah banyak alumni TSMD yang mampu berkarya dan memperbaiki hidupnya. Ada yang wira usaha, ada juga yang akhirnya bekerja. Tidak menganggur lagi karena sudah punya kemampuan berkarya,” ungkap Endin.

“Banyak juga alumni kami yang kini menjadi tenaga kerja di berbagai anak perusahaan Pupuk Kujang,” Endin menambahkan.

Setelah 18 tahun berkiprah. TSMD telah memiliki sejumlah fasilitas untuk terus memberikan berbagai pelatihan untuk masyarakat. Menempati lahan seluas 1200 meter persegi, TSMD telah memiliki fasilitas berupa 2 ruang belajar dan 1 ruang komputer.

“Pupuk Kujang telah mendukung kami dengan sangat baik. Sebagai mitra binaan, kami merasa sangat terbantu oleh Pupuk Kujang,” kata Endin.

Saat ini, TSMD akan membuka program pelatihan baru. Endin menuturkan, bulan depan, pihaknya akan membuka kelas kursus kecantikan dan menjahit gratis,” tutupnya. (*)