Beranda Purwakarta Purwakarta Bakal Miliki Perkebunan Kelor dan Kemiri Berikut Pabriknya, Prospek Ekspor ke...

Purwakarta Bakal Miliki Perkebunan Kelor dan Kemiri Berikut Pabriknya, Prospek Ekspor ke Rusia, Jepang Sampai Eropa

Perkebunan kelor di purwakarta
Ilustrasi perkebunan kelor. (Ist)

PURWAKARTA – Dua kecamatan di Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat disiapkan jadi pilot project perkebunan pohon kelor yang dilengkapi pabrik produksi teh kelor siap ekspor.

Sekretaris Jenderal Dewan Pimpinan Pusat Perkumpulan Petani Rempah Indonesia (DPN PPRI), Ivan Kuntara menyebutkan, pengembangan perkebunan kelor ini dipusatkan di Kecamatan Maniis dan Tegalwaru, Purwakarta.

Tak tanggung-tanggung, lahan yang akan ditanami pohon kelor ini pun seluas 500 hektare.

Dia bilang, program ini sudah ditembuskan langsung ke Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK). Di sana, jajarannya mendapat respon positif kaitan hal tersebut.

Secara teknis, Ivan menuturkan setelah nanti lahan dibuka, warga setempat akan diberi kesempatan untuk menggarap perkebunan kelor.

Dari 500 hektare, terdapat 250 petani yang akan menggarap, di mana masing-masing memperoleh lahan garapan seluas 2 hektare.

“Jadi kami akan mengajak 250 petani. Mereka akan terbagi dalam 25 kelompok tani,” ujarnya, dikutip Rabu, 22 November 2023.

Selain itu, pembangunan pabrik teh Kelor ini dipastikan akan merekrut banyak tenaga kerja lokal. “Produksi dari pabrik ini akan diekspor ke Saudi Arabia, Jepang, Rusia, dan beberapa negara Eropa,” sebutnya.