Beranda Regional Purwakarta Fokuskan Aspek Partisipasi Publik dalam Musrenbang

Purwakarta Fokuskan Aspek Partisipasi Publik dalam Musrenbang

PURWAKARTA, TVBERITA.CO.ID- Pemerintah Kabupaten Purwakarta menggelar Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) 2019 untuk menyusun rencana kerja pemerintah daerah. Kegiatan ini dilaksanakan melalui leading sector Badan Perencanaan Pembangunan Daerah dan Litbang (BAPPEDA dan Litbang) Kabupaten Purwakarta.

Kepala BAPPEDA dan Litbang Kabupaten Purwakarta Tri Hartono mengatakan pentingnya membangun komunikasi antar para pelaku pembangunan di Purwakarta. Karena itu, menurut dia, leading sectornya menggelar kegiatan Musrenbang secara berjenjang mulai dari tingkat desa sampai kabupaten.

“Program dan kegiatan harus selaras, karena itu, kita membutuhkan komunikasi tentang arah kebijakan dan prioritas kebijakan. Makanya, Musrenbang ini berjenjang. Kita fokuskan pada partisipasi publik,” jelasnya di Bale Sawala Yudhistira, Senin (12/3/2018).

Musrenbang tingkat kabupaten, menurut Tri, juga memiliki tujuan strategis yakni dalam rangka mengklarifikasi berbagai usulan pada Musrenbang tingkat kecamatan. Proses ini berguna untuk menentukan selain skala prioritas juga mempertajam indikator dan target kinerja program.

“Hari ini akan kita sepakati dua hal. Pertama, skala prioritas. Kedua, indikator dan target kinerja program harus lebihtajam,” katanya.

Setelah itu, forum tersebut juga berfungsi membagi program dari konteks pembiayaan. Nantinya, ada program yang dibiayai oleh APBD Kabupaten Purwakarta, ada yang dibiayai APBD Provinsi Jawa Barat dan ada sumber pendanaan dari APBN.

“Pemutakhiran data program ini penting. Sehingga, kita mengetahui mana yang menjadi cakupan APBD Purwakarta, mana APBD Provinsi Jawa Barat dan mana APBN,” tandasnya

Sementara itu, Plt Bupati Purwakarta Dadan Koswara mengatakan Musrenbang kali ini merupakan Musrenbang terakhir kepemimpinan Dedi Mulyadi – Dadan Koswara. Pasangan ini memimpin Purwakarta sejak Tahun 2013 lalu.

Dedi Mulyadi menjabat sebagai Bupati, sementara Dadan Koswara menjabat sebagai Wakil Bupati Purwakarta. Dedi Mulyadi sendiri sedang menjalani cuti di luar tanggungan Negara dan hari ini merupakan hari terakhirnya.

Kondisi inilah yang mengharuskan Dadan menempati posisi sebagai Plt Bupati Purwakarta sampai akhir masa jabatan yakni 13 Maret 2018 besok.

“Kami menyadari selama ini belum sepenuhnya sempurna. Tetapi, ikhtiar kami, selalu menjalankan komitmen terbaik untuk pelayanan publik dalam rangka membangunan kesejahteraan,” katanya.

Dalam Musrenbang ini turut hadir perwakilan Pemerintah Provinsi Jawa Barat, unsur Muspida, DPRD, camat dan para kepala desa.(trg/ris)