Beranda Purwakarta Paguyuban Putrako Deklarasikan Anti Narkoba

Paguyuban Putrako Deklarasikan Anti Narkoba

PURWAKARTA, TVBERITA.CO.ID – Amunisi untuk memerangi bahaya narkoba yang dimiliki Polres Purwakarta bertambah setelah deklarasi antinarkoba yang dilakukan Paguyuban Putra Putri Kebon Kolot (Putrako).

Deklarasi tersebut juga menegaskan kesadaran masyarakat akan bahaya narkoba terus tumbuh. Hal ini pun menunjukkan jika masyarakat mau terlibat aktif untuk memerangi bahaya narkoba.

Bertempat di Aula Yayasan Sumber Daya Insani (Yasri), Jl. Veteran, Gg. Soka, Kelurahan Nagri Kaler, Purwakarta, deklarasi tersebut diawali dengan sosialisasi Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan, dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN).

Hadir sebagai pemateri KBO Reserse Narkoba Polres Purwakarta Iptu Rudiyanto SH yang didampingi Bripda Tanja Hidayat. Turut hadir, Lurah Nagri Kaler, para Ketua RT dan RW, para tokoh masyarakat, serta kaum milenial dan warga Kebon Kolot.

Dalam materinya, Iptu Rudiyanto menjelaskan tentang pengertian dan jenis-jenis narkoba. Dirinya pun memberikan penjelasan tentang UU 35/2009 berikut pasal dan ancaman hukumannya.

Agar lebih interaktif, Iptu Rudiyanto juga memutar video tentang penyalahgunaan narkoba dan keberhasilan Satres Narkoba Polres Purwakarta dalam menangani kasus narkoba dikabupaten Purwakarta.

Para peserta sosialisasi juga diperlihatkan contoh-contoh narkoba seraya melakukan sesi tanya-jawab. Ditampilkan pula data narkoba tahun 2017-2019, serta peta wilayah (zona) kerawanan narkoba dan miras.

Pada sesi terakhir, Iptu Rudiyanto mengimbau untuk memilih Duta Antinarkoba sebagai kelanjutan sosialisasi P4GN di tengah-tengah warga. Kegiatan ditutup dengan deklarasi antinarkoba yang disuarakan seluruh peserta, khususnya anggota Paguyuban Putrako.

Dihubungi terpisah, Kapolres Purwakarta AKBP Matrius melalui Kasat Reserse Narkoba Polres Purwakarta AKP Heri Nurcahyo SH menyebutkan, sosisalisasi ini merupakan bagian dari program kerja Paguyuban Putrako.

“Kami sangat mengapresiasi atas kesadaran masyarakat, khususnya Paguyuban Putrako, yang proaktif memerangi narkoba. Terlebih saat sosialisasi juga dihadiri generasi milenial yang notabene rentan terhadap peredaran narkoba,” kata Heri.(trg/dhi)

Komentar Facebook