Beranda Purwakarta Panen Raya Manggis Terancam Gagal

Panen Raya Manggis Terancam Gagal

PURWAKARTA, TVBERITA.CO.ID – Kegiatan Penen raya buah manggis yang akan dilaksanakan oleh Pemerintah Daerah melalui Dinas Pariwisata dalam waktu dekat dianggap tidak layak dilakukan seperti yang akan dilaksanakan bulan Maret nanti.

Selain hasil panen dipetani manggis sendiri menurun karena beberapa faktor diantaranya cuaca hujan yang belakangan ini cukup tinggi berimbas kepada kualitas dan hasil panen.

“Kalau disebut panen raya itu, setidaknya hasil panen itu mencapai 50 ton,”jelas H.Oja Sutisna salah satu pengusaha Manggis di Purwakarta Jumat (21/02/20).

“Kalau hasil panennya merata, itu baru bisa dikatakan panen manggis dengan kualitas baik silahkan disebut panen raya, apalagi kalau hasilnya dibawah 10 ton per panen, tidak bisa disebut panen raya,”ujarnya.

“Sebelum membuat kegiatan panen raya manggis seharusnya pihak terkait seperti Pemkab melalui Dinas Pertanian dan Dinas Pariwisata melihat langsung ke petani, bukan hanya panen raya hanya sekedar kegiatan saja, harus pas dan sesuai dengan hasil dan kualitas,”paparnya.

“Lalu nanti manggis dari mana yang akan digunakan untuk kegiatan kalau hasil panen tidak merata dan jauh dibawah standard, apalagi kalau tidak berkualitas,”tegasnya.

“Coba lihat langsung ke petani, sehingga bisa membuka komunikasi dan apa masalah yang sedang dihadapi, jangan hanya perayaan saja tetapi harus dilihat juga petani dan hasil manggisnya,”pungkasnya. (trg/dhi)