Beranda News Pansel PAW Kades Gandasoli Umumkan Hasil Tes 5 Bakal Calon

Pansel PAW Kades Gandasoli Umumkan Hasil Tes 5 Bakal Calon

Para Bakal Calon PAW Kades Gandasoli Purwakarta saat melakukan tes tulis dan wawancara (Foto: Istimewa)

PURWAKARTA – Panitia Seleksi dari FISIP UNSIKA segera mengumumkan hasil tes lima kandidat calon PAW Kepala Desa Gandasoli, Kecamatan Plered, Purwakarta.

Ketua Pansel PAW Desa Gandasoli, Dadan Kurniansyah, S.IP., M.Si mengungkapkan tim pansel terdiri dari 6 dosen FISIP UNSIKA yang berkompeten di bidangnya.

“Awalnya panitia pemilihan kepala desa pergantian antar waktu Desa Gandasoli, menunjuk kami sebanyak 6 dosen dari Fakultas Ilmu Pemerintahan dan Komunikasi (FISIP) Unsika khususnya prodi Ilmu Pemerintahan untuk menjadi tim panitia seleksi bakal calon kades antara waktu di desa tersebut,” kata Dadan kepada wartawan, Kamis (10/11/2022)

Baca juga: Duh, Ternyata Ini Alasan Anne Gugat Cerai Dedi Mulyadi

Dadan menjelaskan tim Pansel telah memberikan tes tulis maupun wawancara kepada semua bakal calon dan hasilnya akan diurutkan berdasarkan ranking.

“Hasilnya yang terpilih itu akan diurutkan berdasarkan ranking dari ranking 1 sampai 5, nanti panitia di sana itu akan menetapkan 3 orang berdasarkan ranking tersebut,” ujarnya.

Wakil Dekan FISIP UNSIKA ini juga membeberkan materi yang diberikan terdiri dari pengetahuan umum, ketatanegaraan, pengetahuan tentang kearifan lokal, dan sikap.

“Kita tampilkan beberapa kasus, kita tanyakan bagaimana sikapnya dalam menghadapi kasus tersebut selain itu di wawancara itu kita tanyakan juga bagaimana strategi mereka jika terpilih jangan sampai ketika pemilihan selesai lahir konflik baru dimasyarakat,” tambahnya.

Baca juga: Siapa Ririwa Yang Disebut Neng Anne Belum Bisa Move On?

Ia juga kembali menegaskan tim seleksi tertulis dan wawancara hanya sebatas memberikan ranking dari semua bakal calon yang mengikuti tes.

“Jadi kami hanya memberikan hasil nilai dengan sistem ranking, jadi tidak ada penentuan siapa calon dari tim seleksi tertulis dan wawancara, hal itu sudah sesuai dengan Peraturan Daerah (Perda) dan Permendagri tentang PAW Kepala Desa, dan nanti siapa saja 3 besar yang akan di pilih itu berdasarkan hasil Bamusdes,” tutupnya.