Beranda Purwakarta Purwakarta Banjir, PWI Peduli Galang Dana

Purwakarta Banjir, PWI Peduli Galang Dana

PURWAKARTA, TVBERITA.CO.ID – Sejumlah wartawan yang tergabung dalam organisasi Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Peduli Kabupaten Purwakarta melakukan aksi sosial menggalang dana untuk korban banjir di Kabupaten Purwakarta.

Ketua PWI Peduli Kabupaten Purwakarta Diky Julkifli mengatakan, kegiatan ini merupakan cara insan pers untuk ikut ambil bagian dalam mengisi kepedulian terhadap masyarakat.

“Di luar tanggung jawab pemberitaan yang diamanatkan oleh undang-undang pers, kami selaku wartawan juga masih memiliki kewajiban terkait hubungan insan atas sesama,” ucap Diky di sela aksi galang dana di Taman Pembaharuan Purwakarta, Selasa (7/1/2020).

Insan Pers saat ini mesti mengekspansi dan mengekstrak peran dan fungsinya selain sebagai pemberi informasi melalui berita bukan hanya kontrol sosial semata.

“Insan Pers memastikan bahwa kondisi sosial di sekitar kita selalu dalam keadaan baik-baik saja,” ujarnya.

Untuk yang pertama kalinya, PWI Peduli, hadir secara legal sebagai lembaga filantropi atau saluran sosial milik PWI di Purwakarta.

“Dengan kehadiran kami ini diharapkan dapat diterima, kami siap bergerak untuk kepentingan masyarakat umum. Kami siap mengawal segala bentuk pendistribusian kepedulian sosial agar supaya benar-benar dapat dipastikan sampai kepada masyarakat,” ujarnya.

“Kami akan melakukan aksi galang dana seminggu ke depan. Dan selanjutnya kami serahkan bantuan,”tegasnya

Diketahui, data yang diperoleh dari Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (DPKPB) Kabupaten Purwakarta, terdapat beberapa titik terdampak banjir akibat hujan deras pasa Selasa (31/12/2019) lalu.

Pertama Pintu air curug Cibueuk di Jl Kol Rahmat Kampung Tegal Junti RT 02 RW 04 Kelurahan Tegal Munjul Kecamatan Purwakarta terjadi pengikisan tanah yang mengakibatkan pondasi tanggul irigasi jebol.

Selain itu, dua rumah milik warga terendam, satu rumah warga terseret arus air, yang berakibat akses jalan Babakan Peuteuy tertutup.

Kedua kejadian longsor di Kampung Margasari RT 09 RW 04 Desa Margasari Kecamatan Pasawahan terjadi pergerakan tanah tebing setinggi 7 meter longsoran tanah mengenai rumah milik warga bernama Sa’i, walau tidak ada korban jiwa.

Kemudian banjir yang melanda RT 10-13 RW 04-05 Desa Hegarmanah Kecamatan Babakan Cikao dampak menggenang rumah warga, masjid, dan jembatan, banjir juga sempat merendam Perumahan Bumi Jaya Indah RT 14 RW 04 Kelurahan Munjul Jaya pemilik rumah berhasil dievakuasi diperparah lagi dengan didapatnya tiga ekor ular kobra.

Bahkan banjir juga melanda pemukiman di Jl Lodaya Kampung Bojong RT 35 RW 05 Kelurahan Nagri Kidul Kecamatan Purwakarta, masyarakat bersama petugas berhasil mengevakuasi satu orang warga dalam keadaan sakit selanjutnya dibawa ke puskesmas kota.

Akibat hujan terjadi longsor puluhan petak sawah seluas ratusan hektar di Kampung Kubang Desa Legoksari Kecamatan Darangdan menyebabkan petani terancam gagal tanam. (trg/dhi)