Beranda Purwakarta Semarak Pilkades Siap Sapa Kabupaten Purwakarta

Semarak Pilkades Siap Sapa Kabupaten Purwakarta

PURWAKARTA, TVBERITA.CO.ID – Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Purwakarta, Panda Dinata memastikan Pilkades di Purwakarta akan berlangsung semarak. Prediksi kepastian itu tak lepas dari jumlah desa yang akan melaksanakan pemilihan kepala desa, yakni sebanyak 83 desa.

Menurut Panda, pihaknya sudah menyiapkan skema tata kerja mulai dari persiapan hingga pelaksanaan. Hal itu terdiri dari tahap pembentukan panitia di tingkat desa sampai kabupaten. Selain itu, pengamatan dan pengawasan siap dia kawal agar pesta rakyat desa tersebut terlaksana dengan meriah.

“Kami mencatat ada 299.125 hak pilih yang ada di 83 desa pada 17 kecamatan. Saya kira bakal meriah ya. Untuk anggaran, kita siapkan dana sebesar Rp7,9 Miliar,” kata Panda di kantornya. Tepatnya, di Jalan Purnawarman Barat, Purwakarta pada Rabu (29/10/2019).

Panda bertutur, tahapan Pilkades serentak akan dimulai pada Tahun 2020. Meskipun terkait dengan kepastian waktu pelaksanaan masih menunggu instruksi Bupati Purwakarta. Akan tetapi, pihaknya sudah mulai melakukan beberapa langkah persiapan.

“Tanggal dan bulannya masih belum kita tentukan karena itu harus diatur melalui instruksi Bupati Purwakarta. Akan tetapi, pihak DPRD Purwakarta sudah sepakat itu dilaksanakan tahun depan,” katanya.

Pria yang pandai menggunakan bahasa Sunda lembut itu juga menjelaskan terkait skema pendanaan. Menurut dia, anggaran tidak akan disalurkan melalui dinas yang dia pimpin. Akan tetapi, Panitia Pilkades mencairkannya melalui pemerintah desa yang terkoneksi secara sistem keuangan dengan Pemerintah Kabupaten Purwakarta.

“Tidak melalui kita sebagai dinas, itu langsung dari Pemkab ke panitia melalui pemerintah desa,” ujarnya. (hms/kb)