Beranda Purwakarta Wacana Penunjukan Langsung Ditolak Oleh DPAC

Wacana Penunjukan Langsung Ditolak Oleh DPAC

PURWAKARTA, TVBERITA.CO.ID – DPAC PKB Kabupaten Purwakarta menolak penunjukan langsung untuk memilih Ketua DPC PKB Kabupaten Purwakarta yang akan dilaksanakan tahun 2020 mendatang, yang diwacanakan oleh Ketua DPC PKB Kabupaten Purwakarta Neng Supartini.

Penolakan ini dianggap beralasan, pasalnya didalam AD/Art PKB sendiri tidak ada aturan penunjukan langsung, artinya mekanisme pemilihan Ketua DPC PKB harus melalui Muscab dan pencalonan sendiri terbuka untuk seluruh kader PKB yang akan maju mencalonkan diri untuk menjadi Ketua DPC PKB.

“Kalau wacana penunjukan langsung yang diwacanakan oleh Ketua DPC PKB Purwakarta dilakukan, jelas mencederai demokrasi,”jelas Jejen Setiawan Ketua DPAC PKB Cibatu Rabu (18/9).

“Dalam AD/Art juga tidak ada yang namanya penunjukan langsung, mudah-mudahan wacana ini salah dan tidak dilakukan,”tegasnya.

“Peluang kader yang akan maju nanti di Muscab juga kan akan terbelenggu bila wacana ini dilakukan, biarkanlah mereka dari kader PKB yang ingin maju menjadi Ketua terbuka lebar peluangnya, sehingga tahapan demokrasi berjalan dengan baik,”ujarnya.

Sementara Usep Solihin Sekretaris DPC PKB Purwakarta saat dihubungi mengatakan bila penunjukan langsung dilakukan dikatakan tidak berdasar.

“Muscab harus dilakukan, disitulah nanti penentu siapa yang akan dipilih untuk menjadi Ketua DPC PKB terpilih,”jelasnya.

“PKB Jabar saja melakukan musyawarah, kenapa Purwakarta mewacanakan penunjukan langsung, alasannya tidak jelas dan jelas melanggar AD/Art Partai,”ujarnya.

“Kalau acuannya keberhasilan perolehan kursi pada Pileg yang lalu, saya rasa keberhasilan itu bukan keberhasilan perorangan, ini adalah keberhasilan dari seluruh Kader PKB, jadi jangan hambat kader PKB yang mempunyai keinginan untuk maju menjadi Ketua Partai, normatif sajalah,”ungkapnya.

“Saya rasa ini waktunya kader yang memiliki potensi untuk menentukan sikap, apakah mau maju atau tidak, dan saya lihat cukup banyak kader PKB yang potensial, diantaranya Luthfi Bamala, Sona Maulida, Castono, Asep Milah, Wawan Hermawan, bahkan kalau Neng Supartini mau maju lagi silahkan, bertarunglah dengan Fair sehingga siapa pemenangnya akan dibuktikan nanti di Muscab,”jelasnya.

“Yang pasti harus digaris bawahi, aturan partai harus dijadikan acuan, jangan melontarkan wacana yang tidak penting dan membuat keruh internal partai, dan berdemokrasilah dengan positif,”pungkasnya.

Sementara Ketua DPC PKB Purwakarta Neng Supartini tidak dapat dihubungi dan belum memberikan jawaban terkait wacana penunjukan langsung dalam memilih Ketua Partai nantinya. (trg/dhi)