Beranda Headline Rampung Jalani Manasik Haji, 985 Calhaj Karawang Siap Diberangkatkan

Rampung Jalani Manasik Haji, 985 Calhaj Karawang Siap Diberangkatkan

Ratusan calon jemaah haji saat mengikuti bimbingan manasik di masjid Al Jihad Karawang, Kamis (2/6).

KARAWANG – Sebanyak 985 calon jemaah haji di Karawang rampung mengikuti bimbingan manasik (binsik) haji di Masjid Al-Jihad Karawang. Kegiatan berlangsung dua hari sejak Rabu hingga Kamis (2/6/2022).

Dalam kegiatan, para jemaah diberikan pembekalan mulai dari keberangkatan, pelaksanaan sampai kembali ke tanah air.

Sebelumnya, binsik juga telah digelar di tingkat kecamatan selama 4 hari berturut-turut baik secara teori dan praktiknya.

Baca juga: Terbentur Usia, 103 Calon Jemaah Haji Karawang Gagal Berangkat

“Binsik dilaksanakan selama 6 pertemuan, yang 4 hari sudah di tingkat kecamatan, yang 2 hari di kabupaten. Praktek dibebankan ke kecamatan, full untuk binsiknya, baik teori dan praktiknya. Kalau di kabupaten hanya pemantapan terkait kebijakan dan perjalanannya,” terang Kasie PHU (Penyelenggara Haji dan Umrah) Kemenag Karawang, Muhammad Azizi Hujjatul Arifin.

Menurut Azizi, bimbingan manasik ini penting untuk para calon jemaah haji. Tujuannya agar calon jemaah bisa mandiri dalam ibadahnya dan bisa beribadah sesuai syariat islam.

Baca juga: Karawang Dapat Kuota 986 Jemaah Haji, Ini Jadwal Keberangkatannya

Dijelaskannya, tahun 2022 ini 985 calhaj Karawang siap diberangkatkan ke tanah suci. Mereka dibagi dalam 4 kloter.

Kloter 5 berangkat pada 6 Juni, disusul kloter 14 pada 12 Juni, kemudian kloter 29 tanggal 24 Juni dan kloter 30 pada 25 Juni.

“Yang 2 kloter utuh dari Karawang, dua lagi yang kloter 29 dan 30 gabungan dengan Kota Bekasi dan Cianjur,” papar Azizi.

Melalui kegiatan tersebut ia berharap para calhaj bisa mempersiapkan diri lebih matang sebelum pemberangkatan, khususnya dari sisi kesehatan.

“Mudah-mudahan mereka bisa mandiri, kemudian agar menjaga kesehatannya, mematuhi prokes karena sekarang kebijakannya difokuskan terkait kesehatan itu. Vaksin dosis wajib lengkap, PCR juga 72 jam sebelum pemberangkatan,” tandasnya. (kii)