Beranda Karawang Rapat Bersama Kepala OPD, Wabup Bahas Anggaran Penanganan Covid-19

Rapat Bersama Kepala OPD, Wabup Bahas Anggaran Penanganan Covid-19

KARAWANG, TVBERITA.CO.ID – Wakil Bupati, H. Ahmad Zamakshsyari (Kang Jimmy) memimpin rapat bersama seluruh Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Halaman Plaza Pemda, Kamis (2/4/2020) pagi.

Wabup mengatakan rapat dilaksanakan di tempat terbuka itu atas instruksi dari Pemerintah Tingkat Pusat supaya di ruang terbuka dan sinar matahari baik untuk pencegahan Covid-19. Adapun  materi yang dibahas dalam rapat adalah membahas reposisi anggaran pembiayaan penanganan dan pencegahan Covid-19 di Kabupaten Karawang.

Kata Wabup, anggaran yang kemarin sudah diputuskan bagi penanganan Covid-19 sebesar Rp. 15 miliar rupiah sudah proses untuk pencairan.

“Anggaran ini digunakan untuk membeli ADP, hand sanitizer, tes dan pemantauan dan perlengkapan untuk RS paru yang akan difokuskan bagi penanganan Covid-19,” ungkap Wabup.

Sementara itu, Wabup melanjutkan, anggaran dari reposisi OPD, diprediksi bisa terkumpul Rp. 116,8 miliar rupiah. Ini belum ditambahkan dengan penambahan reposisi budgeting Pilkada sebesar Rp. 90 Miliar rupiah, karena seperti diketahui Pilkada akan diundur sampai tahun depan.

“Dari hasil efiensi tersebut, diperkirakan akan terkumpul Rp. 175 miliar rupiah. Anggaran tersebut akan digunakan untuk intensif bagi para pelaku medis yang bersentuhan langsung dengan pasien positif Corona,” tegasnya.

Selain itu, kata Wabup lagi, Pemkab berupaya memberikan tunjangan bagi masyarakat Karawang yang benar benar membutuhkan. Berdasarkan data yang telah diperoleh, Ada 287 ribu Kepala Keluarga (KK) lebih yang masuk kategori miskin.

Dari total jumlah tersebut, sudah 157 ribu KK yang sudah dibantu oleh Pemkab. Sisanya, akan diberikan bantuan oleh gubernur jabar Rp. 500 ribu rupiah.

“Berupa uang tunai Rp. 150 ribu rupiah yang akan diantarkan oleh PT. POS. Sementara 350 ribu berupa sembako dan akan dikirim ke rumah masing masing menggunakan ojek online. Apabila bantuan tersebut tidak cukup, maka akan diperbantukan pula dari anggaran yang Rp. 175 miliar itu,” tutup Wabup. (nji/dhi)