Beranda Regional Ratusan Polisi Siap Amankan Perayaan Natal di Karawang

Ratusan Polisi Siap Amankan Perayaan Natal di Karawang

KARAWANG, TVBERITA.CO.ID- Ratusan polisi diterjunkan untuk melakukan pengamanan Natal di Karawang. Sebanyak 13 gereja dan 16 rumah ibadah akan dijaga ketat dalam Operasi Lilin 2017, dengan melibatkan personel TNI, Satpol-PP dan Ormas.

Kapolres Karawang, AKBP Hendy F. Kurniawan mengatakan, Operasi Lilin 2017 akan digelar selama 10 hari mulai tanggal 23 Desember 2017 hingga 1 Januari 2018. Pihaknya telah melakukan pemetaan, untuk memastikan perayaan Natal berjalan kondusif di Karawang.

“Terkait perayaan Natal, kita sudah petakan pengamanan untuk gereja dan rumah ibadah yang berada di beberapa titik,” ujarnya kepada KORAN BERITA.

Guna memastikan kesiapan pasukan, pada Kamis (21/12) pagi, digelar apel pasukan di Lapangan Karawangpawitan. Selain personel dan kelengkapan sarana maupun prasarana pendukung, keterpaduan unsur lintas sektoral dalam pengamanan dinilai sangat penting.

“Untuk pengamanan gereja pada Natal nanti, kita akan bentuk Pos PAM dari anggota Polri, TNI dan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB), untuk bersama menjaga pelaksanaan ibadah umat Nasrani,” katanya.

Hendy juga mengimbau pihak manajeman mal yang memasang atribut-atribut Natal, untuk tidak sampai memicu hal yang bisa berpotensi terjadinya konflik. Ia mengingatkan pada seluruh jajarannya, untuk meningkatkan kewaspadaan dalam mencegah aksi teror dan kejahatan konvensional yang meresahkan.

“Lakukan pendekatan dengan elemen-elemen masyarakat, guna mencegah terjadinya aksi sweeping oleh Ormas. Bila terjadi, lakukan tindakan tegas yang profesional,” katanya.

Seluruh personel yang terlibat dalam Operasi Lilin 2017, diharapkan mempetakan seluruh potensi kerawanan di masing-masing wilayah. Dan menentukan cara bertindak yang tepat, melalui penyusunan rencana operasi yang matang.

“Optimalkan anggota di tengah masyarakat. Lakukan terobosan kreatif melalui rekayasa lalu lintas, guna mengurai dan mengurangi kemacetan serta kecelakaan lalu lintas,” katanya.

Dalam Operasi Lilin 2017, tercatat sebanyak 969 personil gabungan yang dilibatkan, terdiri dari 599 anggota Polres Karawang dan 370 personel TNI, Satpol PP dan intansi terkait lainnya.(put/ris)