Beranda Karawang Resmi Dilantik, 150 Anggota PPK Diminta Buktikan Integritas

Resmi Dilantik, 150 Anggota PPK Diminta Buktikan Integritas

KARAWANG, TVBERITA.CO.ID – Sebanyak 150 anggota panitia pemilihan kecamatan (PPK) Komisi Pemilihan Umum (KPU) Karawang resmi dilantik, Sabtu (29/02/2020) di Hotel Swissbellin. 150 anggota PPK yang dilantik merupakan hasil melewati proses seleksi yang dilaksanakan oleh KPU Karawang.

Hadir dalam pelantikan PPK tersebut di antaranya Ketua Bawaslu Karawang, Wakil Bupati Karawang, Wakil DPRD Karawang, Kapolres Karawang, Kodim 0604 Karawang, Kejaksaan Negeri Karawang serta para Camat se Kabupaten Karawang.

Ketua KPU Karawang, Miftah Farid mengatakan, setiap anggota PPK harus menjaga etika, integritas, komitmen dan menjalankan tugas sesuai PKPU. Karena kejadian di Pemilihan Legislatif 2019 menjadi pelajaran penting dan jangan sampai terulang.

“Masyarakat banyak yang meragukan wajar. Jangan menyanggah, karena kurang produktif. Tapi buktikan PPK sekarang memegang integritas dan bekerja sesuai aturan,” katanya.

Farid berharap, anggota PPK secepatnya berkordinasi dengan Muspika (Musyawarah Pimpinan Kecamatan). Karena sinergitas dengan semua kalangan, termasuk dengan Muspika sangat penting untuk mensuksekan Pilkada 2020.

“Secepatnya kordinasi dengan Muspika, supaya Pilkada bisa berjalan sukses. Sukses teknis dan pertanggungjawaban keuangan,”tegasnya.

Sementara itu, Ketua Divisi Sosialisasi dan Partisipasi Masyarakat (Sosparmas) KPU Provinsi Jabar, Dr Idham Holik mengatakan, indeks kerawanan pemilu (IKP) Kabupaten Karawang dari 8 kabupaten/kota yang menyelenggarakan Pilkada menjadi ranking pertama dalam konteks kontestasi. Di Indonesia ranking 16 dari 270 kabupaten/kota dan untuk Pulau Jawa di ranking 3.

Maka dari itu Idham berharap, seluruh anggota PPK dapat bekerja dengan menjaga integritas dan sesuai aturan perundang-undangan.

“Benar kata bapak wakil bupati saat memberi sambutan, kalau tugas penyelenggaranya on the track, situasi politik akan aman dan dapat dikendalikan dengan baik. Kita sudah diatur dalam pekerja sesuai perundang-undangan dan saya berharap rekan rekan dapat meluangkan waktu untuk memahami aturan dan regulasinya,” pungkasnya. (ris/kie)