Beranda Headline Rugikan Negara Rp 14 M, Dua Mafia Pupuk Subsidi di Karawang Ditahan

Rugikan Negara Rp 14 M, Dua Mafia Pupuk Subsidi di Karawang Ditahan

Mafia pupuk subsidi di karawang ditahan
Dua mafia pupuk subsidi di Karawang, Jawa Barat ditahan dan ditetapkan menjadi tersangka oleh Kejaksaan Negeri (Kejari) Karawang.

KARAWANG – Dua mafia pupuk subsidi di Karawang, Jawa Barat ditahan dan ditetapkan menjadi tersangka oleh Kejaksaan Negeri (Kejari) Karawang. Dari ulah keduanya, negara dirugikan hingga Rp 14 miliar.

Kepala Kejari Karawang, Syaifulah menyampaikan, kedua tersangka berinisial H dari PT ATS dan tersangka berinisial TH, mantan GM PT Pupuk Kujang.

“Saudara H dari PT ATS selaku disdibutor pupuk bersubsidi dan saudara TH dari PT Pupuk Kujang sebagai produsen pupuk bersubsidi,” ungkapnya kepada awak media, Selasa (20/2) malam.

Baca juga: Dinkes Karawang Ingatkan Warga Tak Sepelekan Dehidrasi, Ini Bahayanya

Ia memaparkan, kasus tindak pidana korupsi ini berawal pada 30 November 2016. Pada saat itu, tersangka TH selaku GM Pemasaran dan Penjualan PT Pupuk Kujang (2017) mengusulkan pengangkatan H dari PT ATS sebagai distributor pupuk bersubsidi.

TH menyatakan, persyaratan administrasi dan teknis PT ATS untuk menjadi distributor pupuk bersubsidi sudah lengkap. Padahal, kondisi real hasil verifikasi, PT ATS belum memenuhi syarat.

“Atas perbuatan saudara TH, PT ATS terpilih menjadi salah satu distributor pupuk bersubsidi tahun 2017,” ujarnya.

Baca juga: Dinilai Bermasalah, Bawaslu Rekomendasikan 58 TPS di Jabar Lakukan PSU dan PSL

Kemudian, tersangka H menjalankan penyaluran dan penebusan pupuk bersubsidi. Namun pada saat dijalankan, pendistribusiannya menjadi tidak sesuai dengan rencana alokasi awal.