Beranda Regional Rumah Janda di Batujaya Kembali Roboh Dimakan Usia

Rumah Janda di Batujaya Kembali Roboh Dimakan Usia

BATUJAYA, TVBERITA.CO.ID- Fenomena rumah roboh, saat ini menghantui warga Karawang, terutama warga yang memiliki rumah tidak layak huni. Hal ini tentunya sangat ironis dengan nama besar Kabupaten Karawang yang menyandang kota industri terbesar se-Asia Tenggara dan menjadi lumbung padi, dan disaat pembangunan yang berjalan tak hentinya masih saja menyisakan kemiskinan yang menjerat masyarakatnya.

Beberapa pekan terakhir dilaporkan beberapa rumah khususnya di wilayah Kabupaten Karawang roboh akibat termakan usia dan diguyur hujan deras.

Seperti yang dialami salah seorang warga Batujaya, tak sempat terawntuh bantuan, rumahnya harus roboh termakan usia dan hujan. Peribahasa rumahku adalah surgaku nampaknya suatu hal yang kontradiktif bagi Ema Rodiah (60) Dusun Binajaya RT 010/004 Desa Batujaya Kecamatan Batujaya Kabupaten Karawang. Akibat termakan usia, rumah tidak layak huni yang terbuat dari dinding bilik miliknya kini rata dengan tanah (roboh).

Peristiwa ambruknya rumah yang di huni Ema Rodiah, terjadi pada hari Sabtu (09/02) malam, akibat termakan usia dan hujan deras yang terus mengguyur.
Paska robohnya rumah tersebut, kini Ema Rodiah bersama keluarga terpaksa hidup hanya menggunakan terpal bantuan tetangganya.

Ditengah hujan yang terus mengguyur, mereka harus tetap bertahan hidup, sambil menunggu adanya bantuan pemerintah maupun dermawan. Karena dengan profesi serabutan dengan penghasilan seadanya dirinya tak mampu kembali membangun rumahnya yang roboh.

“Untuk makan saja susah apalagi bangun rumah pak, saya berharap ada bantuan dari pemerintah untuk bisa kembali membangun rumah saya yang roboh,” keluhnya.

Ironisnya menurut keterangan warga setempat, selama ini keluarga Ema Rodiah tak pernah mendapat bantuan apapun dari pemerintah. Baik itu Bantuan Pangan Non Tunai ataupun Program Keluarga Harapan apalagi rehab rumah belum pernah mereka dapatkan sampai akhirnya rumah yang dihuninya roboh.

“Jelas keluarga Ema Rodiah ini luput dari perhatian pemerintah, meskipun hidup dibawah garis kemiskinan namun mereka belum pernah mendapat bantuan pemerintah,” tegas Wasim , tokoh masyarakat setempat.

Sementara itu, Kepala Desa Batujaya, yang notabenya penguasa wilayah, sampai ini terbit belum memberikan keterangan.(yay/ris)

Komentar Facebook