Beranda Bekasi Sambut Imlek, Klenteng Tertua di Kota Bekasi Mulai Bersolek

Sambut Imlek, Klenteng Tertua di Kota Bekasi Mulai Bersolek

KOTA BEKASI, TVBERITA.CO.ID –  Sudah menjadi agenda tahunan rutin, Klenteng Hok Lay Kiong di Jalan Kenari, Kelurahan Margahayu, Kecamatan Bekasi Timur, Kota Bekasi, mulai bersolek melakukan persiapan untuk menyambut Tahun Baru Imlek 2571, pada tanggal 25 Januari 2020 mendatang.

Ketua Yayasan Pancaran Tridharma, Ronny Hermawan menyampaikan, ada beberapa persiapan yang dilakukan pengurus klenteng tertua di Kota Bekasi ini. Klenteng Hok Lay Kiong diperkirakan usianya 350 tahun lebih.

“Dari persiapannya, semua pengurus Klenteng kemarin kita sudah mengadakan kerja bakti bersih-bersih, seperti membersihkan kleteng, patung Dewi, terus dinding kita cat lagi semua secara bertahap. Lampion juga sudah dipasang agar pada saat para umat berdoa, Klenteng sudah bersih dan nyaman,” kata Ketua Yayasan Pancaran Tridharma, Ronny Hermawan saat dikonfirmasi tvberita, Jumat (24/01/20).

Lebih lanjut kata Rony, lampion yang dipasang juga memiliki nama para penyumbang. Di klenteng ini juga banyak terdapat lilin besar, sumbangan dari umat.

“Ada Lilin Raksasa memiliki makna tertentu di Imlek ini, kita berharap tahun ke depan diberikan penerangan. Layaknya orang menyalakan lentera atau lilin di malam hari,” kata mantan anggota DPRD Kota Bekasi  priode 2014-2019 ini.

Untuk Pengurus Klenteng Hok Lay Kiong, lanjut Ronny, jauh-jauh hari sudah memberikan himbauan kepada umat, agar melewatkan malam Tahun Baru Imlek dengan cara sederhana, bersahaja dan lebih banyak bersyukur atas karunia yang selama ini sudah didapat.

“Karena perayaan pergantian Tahun Baru Imlek itu bukan perayaan agama. Ini merupakan pergantian tahun kalender bulan, atau Lunar Calendar. Apa lagi di awal tahun 2020 ini, warga Kota Bekasi dan warga Se-Jabodetabek baru kena musibah banjir, maka dari itu Imlek ini tidak ada perayaan yang spesial. Kita khusuk berdoa agar tak ada musibah kembali,” tutur Rony lagi.

Di tahun tikus (logam), menurut perhitungan Kalender China, ada banyak harapan yang lebih baik lagi. “Masyarakat lebih maju, lebih baik, sejahtera dan lebih sehat dan sukses di tahun baru Imlek 2020 ini,” harapnya. (ais/kie)