Beranda Regional Sampel Air Kali Bekasi Dilaporkan ke KLH RI

Sampel Air Kali Bekasi Dilaporkan ke KLH RI

BEKASI, TVBERITA.CO.ID- Wali Kota Bekasi, Rahmat Effendi bersama Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Bekasi, Jumhana Luthfi datang ke Kantor Dirjen Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan Kementerian Lingkungan Hidup Republik Indonesia, diterima langsung oleh Kepala Dirjen Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan, M.R. Karliansyah dan staff jajarannya.

Laporan atas tercemarnya air kali Bekasi yang dilaporkan dan ramai diperbincangkan di media sosial, membuat Wali Kota Bekasi mengambil sampel air dan uji di laboratorium di Dinas Lingkungan Hidup Kota Bekasi.

Hasil tes lab tersebut, diserahkan dan dilaporkan ke Dirjen Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan, M.R Karliansyah di kantornya dan diserahkan langsung oleh Wali Kota Bekasi.

“Hasil lab tersebut sebenarnya ada banyak, sebagai simbolis ada 3 sampel yakni air kali Bekasi, IPAS TPST Bantar Gebang, dan TPA Sumur Batu,” kata Rahmat Effendi.

“Kami berharap kepada Dirjen, agar segera membantu dalam penuntasan polemik yang ada di Kota Bekasi terkait pencemaran limbah di kali Bekasi, karena dampaknya ada pada warga, selain polusi udara di sekitar, juga ini merupakan aset penting untuk sumber daya air bagi PDAM Tirta Patriot, semoga dapat terselesaikan,” ujar Rahmat Effendi.

M. R. Karliansyah mengakui telah ada 37 perusahaan yang terindikasi pencemaran lingkungan, 7 sudah masuk dalam wilayah gakum (penegakan hukum) KLH, dan 30 sudah dibina, termasuk di wilayah Bekasi ada 18 perusahaan sudah menyepakati dan menandatangani tidak melakukan ulang pembuangan limbah. (asm/fzy)