Beranda Headline Sandang Predikat UHC, 96,61 Persen Warga Karawang Terlindungi Program JKN

Sandang Predikat UHC, 96,61 Persen Warga Karawang Terlindungi Program JKN

Program JKN di Karawang
Sebanyak 96 persen warga Karawang telah terlindungi program JKN. Untuk itu, Karawang meraih predikat UHC dari BPJS Kesehatan.

Pada kesempatan yang sama, Sekretaris Daerah Kabupaten Karawang, Acep Jamhuri, menyampaikan bahwa pencapaian UHC ini merupakan wujud nyata komitmen Pemerintah Daerah Kabupaten Karawang dalam meningkatkan derajat kesehatan penduduk Kabupaten Karawang melalui jaminan kesehatan yang pasti Program JKN.

“Mari bersama-sama memberikan sosialisasi, edukasi, informasi dan advokasi kepada peserta JKN sehingga mereka mendapatkan manfaat dari program ini dengan optimal sehingga memudahkan akses masyarakat terhadap layanan kesehatan,” tutur Acep.

Acep menuturkan bahwa semoga dengan adanya deklarasi UHC ini dapat menggerakkan seluruh stakeholder untuk memberikan pelayanan yang tulus dan lebih baik kepada masyarakat.

“Kami berharap dengan tercapainya UHC ini dibarengi dengan peningkatan kualitas dan layanan di fasilitas kesehatan yang sudah bekerja sama dengan BPJS Kesehatan Cabang Karawang. Untuk itu, dibutuhkan dukungan dari fasilitas kesehatan sebagai garda terdepan dalam mewujudkan layanan kesehatan yang nyaman bagi peserta JKN,” lanjut Acep.

Acep pun berharap Pemerintah Daerah Kabupaten Karawang dapat terus meningkatkan keaktifan peserta JKN di Kabupaten Karawang serta mempertahankan capaian UHC kedepannya.

Sebagai informasi, untuk Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP), BPJS Kesehatan Cabang Karawang telah bekerja sama dengan 50 Puskesmas, 115 Klinik Pratama, 1 Klinik TNI, dan 1 klinik Polri, 3 DPP. Sementara itu untuk Fasilitas Kesehatan Tingkat Rujukan Lanjutan (FKTRL), BPJS Kesehatan Cabang Karawang telah bekerja sama dengan  26 Rumah Sakit, 3 Klinik Utama, 8 Apotek, serta 7 Optik.

Sementara itu, dalam rangka memberi kemudahan kepada peserta JKN, BPJS Kesehatan juga terus memberikan inovasi kemudahan dalam mengakses layanan Program JKN.

Beberapa kemudahan pelayanan diantaranya yaitu, Pandawa (Pelayanan Administrasi melalui WA), Liaison Officer Care Center 165, Senada (Sentralisasi Edukasi dan Penanganan Pengaduan), Selaras  (Sentra Layanan Administrasi Kepesertaan), Jelita (Jenis Layanan Rekrutmen dan Reaktivasi Peserta).

Fasilitas kesehatan yang telah bekerjasama dengan BPJS Kesehatan kini sudah memiliki Loket Pelayanan Informasi BPJS Kesehatan dan Portal Quick Response (POROS). Dengan demikian, peserta JKN secara langsung dapat mengakses informasi-informasi seputar pelayanan pada fasilitas kesehatan tersebut. (*)