Beranda Regional Satu Bulan 7 Begal Tewas, 5 Diringkus di Karawang

Satu Bulan 7 Begal Tewas, 5 Diringkus di Karawang

KARAWANG, TVBERITA.CO.ID- SEPANJANG Januari 2018, tercatat 7 pelaku kejahatan pencurian dengan kekerasan (Curas), pencurian dengan pemberatan (Curat), dan pencurian kendaraan bermotor (Curanmor) ditembak mati oleh Jajaran Polres Karawang. Sementara 5 pelaku lainnya diringkus petugas, dan tengah dalam proses penyidikan.

“Sampai akhir bulan Januari, ada 7 pelaku yang tewas akibat melawan petugas. Sementara yang ditahan, ada 5 orang yang saat ini kita proses,” ujar Kasat Reskrim Polres Karawang, AKP Maradona Armin Mappaseng saat ditemui KORAN BERITA(Grup Tvberita.co.id), Kamis (1/2).

Dijelaskannya, langkah tegas yang dilakukan jajarannya kepada para pelaku curas, curat dan curanmor telah sesuai dengan (SOP) yang ada. Sebagimana telah diintruksikan oleh Kapolres Karawang, AKBP Hendy Febrianto Kurniawan, untuk melakukan tindakan tegas terukur kepada para pelaku curas, curat dan curanmor.

“Kalau memang ketika ditangkap mereka kooperatif, maka kita tidak akan melakukan tindakan tegas (tembak kaki atau tembak mati, Red). Jika ketika ditangkap mereka membahayakan jiwa petugas, terpaksa kami tindak tegas,” kata Maradona.

Sementara itu, Kapolres Karawang, AKBP Hendy Febrianto Kurniawan mengungkapkan, pihaknya tidak memiliki target jumlah kasus curas, curat dan curanmor yang harus diungkap dalam kurun waktu tertentu. Namun, ia telah mengintruksikan jajarannya untuk menciptakan rasa aman bagi masyarakat.

“Kita akan terus memburu para pelaku curas, curat dan curanmor di wilayah Karawang. Dan saya intruksikan kepada seluruh jajaran, untuk bisa memberikan rasa aman kepada seluruh masyarakat Karawang,” katanya.

Menurut Hendy, intruksi melakukan tindakan tegas terukur dengan tembak kaki atau tembak mati kepada para pelaku curas, curat dan curanmor, merupakan kebijakan dirinya untuk menjaga kemanan wilayah Kabupaten Karawang. Mengingat Karawang menjadi daerah yang sangat rawan di Jawa Barat.

“Karena Karawang menjadi daerah yang rawan sekali dengan kasus-kasus kekerasan, sehingga jajaran saya tidak akan ragu-ragu melakukan tindakan tegas terukur kepada para pelaku curas, curat dan curanmor,” katanya.(put/ds)