Beranda Regional School Go Green KIIC Sambangi SMAN 1 Telukjambe Barat

School Go Green KIIC Sambangi SMAN 1 Telukjambe Barat

KARAWANG, TVBERITA.CO.ID- Dalam rangka penghijaun dan kepedulian setiap sekolah di Karawang Karawang International Industrial City (KIIC) dan Telaga Desa mengadakan gerakan penghijauan di lingkungan dunia pendidikan melalui kegiatan “School Go Green” di Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 1 Telukjambe Barat, Rabu (31/10/2018).

Kegiatan ini termasuk dalam program pelestarian lingkungan yang bertujuan untuk mengajak siswa lebih peduli terhadap lingkungan. KIIC bersama sejumlah perusahaan di dalamnya, memberikan bantuan berupa 10 set tempat sampah dan 100 bibit pohon, serta pelatihan untuk pembuatan pupuk kompos untuk siswa-siswi dan guru.

“Kegiatan penghijauan terus dilakukan dengan memproduksi bibit pohon tanaman pelindung dan tanaman langka. Tahun 2017, sebanyak 31.192 bibit pohon diproduksi di Telaga Desa untuk gerakan penghijauan di sekolah dan lingkungan masyarakat,” ujar ujar Bambang Sugeng, Head of External Relations Division PT. Maligi Permata Industrial Estate Graha KIIC saat ditemui di sela kegiatan.

Dijelaskan, sejak tahun 2017 lalu telah ada 5 sekolah yang meneriman bantuan dalam kegiatan “School Go Green”, yakni SMPN 1 Telukjambe Timur, SMPN 2 Telukjambe Timur, SMPN 5 Karawang Barat, SMAN 6 Karawang Barat, dan SMAN 1 Telukjambe Barat. Sekolah-sekolah tersebut bukan hanya diberikan bantuan, namun juga dibina hingga bisa mendapat penghargaan Adiwiyata dari pemerintah.

“Sebanyak 30.582 bibit pohon yang sudah ditanam di dalam maupun di luar kawasan Industri KIIC, termasuk di sekolah-sekolah di luar kegiatan School Go Green. Perusahaan yang menjadi anggota Telaga Desa memiliki kontribusi yang sama dan menunjukkan kepeduliannya terhadap gerakan penghijauan,” katanya.

KIIC bersama-sama dengan Tenant Association memiliki komitmen dan kepedulian terhadap masyarakat sekitar, diantaranya melalui program pelatihan bidang pertanian dan pelestarian lingkungan yang merupakan bagian dari Corporate Social Responsibility (CSR) bersama (Telaga Desa Agro-enviro Education Park) antara KIIC dan perusahaan yang ada di dalamnya.

Telaga Desa merupakan tempat penelitian dan pendidikan, atau pelatihan kepedulian di bidang pertanian, perikanan dan peternakan, serta merupakan tempat pelestarian lingkungan seperti tanaman langka dan eko wisata. Telaga Desa juga sering digunakan oleh mahasiswa Universitas Singaperbangsa Karawang (Unsika) untuk melakukan penelitian.

Selain program tersebut, KIIC bersama-sama dengan Tenant Association juga meliki sejumlah program CSR, antaralain Program Kepedulian Sumber Daya Masyarakat, Program Kepedulian Kesehatan Masyarakat, Program Kepedulian Ekonomi Masyarakat, serta Program Kepedulian Sosial dan Kemasyarakatan.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kabupaten Karawang, Wawan Setiawan mengungkapkan, pihaknya mendukung penuh langkah KIIC melakukan penghijauan di lingkungan sekolah. Hal itu sejalan dengan visi dan misi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karawang, untuk menciptakan lingkungan yang asri dan indah.(KB)