Beranda Regional Sebanyak 30 Orang Penyuluh Keluarga Berencana Ikuti Pelatihan Jurnalistik

Sebanyak 30 Orang Penyuluh Keluarga Berencana Ikuti Pelatihan Jurnalistik

KARAWANG- Sebanyak 30 orang penyuluh Keluarga Berencana (KB) di setiap Kecamatan yang ada di Kabupaten Karawang mengikuti pelatihan jurnalistik, Selasa (16/2/2021) di aula kantor Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana (PPKB).

Ikatan Penulis, Pemerhati, Kependudukan dan keluarga Berencana (IP2KKB) Karawang bekerjasama dengan Dinas PPKB Karawang menyelenggarakan pelatihan jurnalistik ini bertujuan untuk para penyuluh KB dapat menginformasikan kegiatan KB di Kecamatan masing-masing.

Sofiah selaku Plt Kepala DPPKB Karawang, saat membuka orientasi Jurnalistik mengatakan, arahan Presiden Joko Widodo pada Rakernas BKKBN yang baru lalu, bahwa Sosialisasi program KB harus sudah memanfaatkan penggunaan Media sosial sebagai alat memintarkan masyarakat,  sehingga DPPKB memandang perlu mengadakan kegiatan ini agar para pengelola Media Sosial pada tingkat kecamatan lebih kreatif dan profesional.

“Instruksi Presiden yang menunjuk BKKBN sebagai Pengelola pengentasan stunting di Indonesia. Kerja berat ini akan lebih ringan bila dibantu sosialisasinya melalui Media sosial,” ujar Sofiah.

Sementara itu Ujang Gugun, selaku Ketua Ikatan Penulis Pemerhati Kependudukan dan Keluarga Berencana (IP2KKB)  sebagai mitra DPPKB  mengatakan bahwa kegiatan yang dia lakukan sebagai salah satu kontribusi aktip dalam ikut serta membangun Program Bangga Kencana.

“DPPKB Karawang merupakan pionir dalam penggunaan  media sosial sebagai alat bantu menyosialisasi programnya”, pungkas Gugun.

Sehingga IP2KKB, yang merupakan mitra yang terdiri dari jurnalis dan pemerhati kependudukan dan KB ini memandang perlu turut serta memintarkan jajaran DPPKB sebagai mitra publikasi.

Kegiatan yang diselenggarakan satu hari penuh ini, diadakan oleh IP2KKB bersama DPPKB yang menghadirkan 30 peserta pengelola Media sosial Kecamatan, dengan menghadirkan Nara sumber  dari IP2KKB , dan Admin pengelola Medsos pada DPPKB karawang, adapun Materi yang disajikan diantaranya, observasi dan interviu, menulis narasi, gambar jurnalistik, membuat konten, Sosmed Brending, hingga editing vidio dan Film Pendek.

“Ini pelatihan jurnalistik yang ke II dilakukan oleh DPPKB untuk para penyuluh KB yang ada di Karawang,” ujar Gugun Gunawan selaku Ketua IP2KKB Kabupaten Karawang.

Disampaikan Gugun, bahwa kegiatan pelatihan ini menindaklanjuti intruksi Presiden terkait program BKKBN yang harus disosialisasikan melalui jejaring media sosial.

Pasalnya, mayoritas penduduk Indonesia saat ini aktif menggunakan media media sosial tersebut, sehingga di harapkan program KB tersosialisasi dengan maksimal.

“Pelatihan jurnalistik ini, diharapkan para penyuluh KB bisa mensosialisasikan kegiatan KB dengan maksimal,” pungkasnya. (rst)