Beranda Headline Sebanyak 79 Pelaku Pungli di Karawang Diamankan, 1 Diproses Hukum

Sebanyak 79 Pelaku Pungli di Karawang Diamankan, 1 Diproses Hukum

Pelaku pungli karawang diamankan
Ilustrasi jukir liar. Foto: istimewa

KARAWANG – Satgas Saber Pungli Kabupaten Karawang, Jawa Barat getol menindak pelaku pungli di wilayah setempat. Kali ini, ada 79 pelaku yang diamankan.

Puluhan orang yang diamankan ini terdiri dari pelaku premanisme hingga juru parkir (jukir) liar dengan barang bukti uang tunai Rp 901 ribu.

“Kita melakukan penindakan pemberantasan pungli dan juga melakukan upaya pencegahan dengan memasang spanduk pencegahan pungli terkait penerimaan karyawan/ti di PT. Changsin,” kata Ketua Satgas Pungli UUP Kabupaten Karawang, Kompol Prasetyo Purbo Nurcahyo, Rabu (24/4).

Baca juga: PLN Karawang Sukses Antisipasi Gangguan Kelistrikan Selama Masa Lebaran 

Menurutnya, pencegahan pungli di kawasan pabrik juga menjadi fokus jajarannya. Itu terbukti setelah Satgas mengamankan tiga pelaku pungli di salah satu kawasan industri di Desa Sukaluyu, Kecamatan Telukjambe Timur dengan barang bukti sebesar Rp 250.000.

Satu diproses hukum

Lanjut Prasetyo, ada salah satu pelaku pungli dilakukan proses hukum melalui tindak pidana ringan (tipiring) dengan Pasal 15 Ayat (1) Jo Pasal 63 Ayat (1) Perda Kab. Karawang No. 12 Tahun 2023 tentang Perubahan Perda No. 10 Tahun 2020 tentang Penyelenggaraan Ketertiban Umum, Ketentraman Masyarakat dan Perlindungan Masyarakat.