Beranda Purwakarta Sebelum Desember, BPN Purwakarta Targetkan PTSL Selesai

Sebelum Desember, BPN Purwakarta Targetkan PTSL Selesai

PURWAKARTA, TVBERITA.CO.ID– Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) di Kabupaten Purwakarta ditargetkan sebelum Desember 2019 akan selesai.

 

Pendataan di lapangan yang dilakukan oleh Atr/BPN Kabupaten Purwakarta sebanyak 65 Ribu bidang, namun sekitar 44 Ribu bisa dijadikan sertifikat sesuai dengan persyaratan yang berlaku.

“Kita sudah mendata sekitar 44 Ribu sertifikat yang bisa dikeluarkan oleh BPN melalui program PTSL,” jelas Kepala Kantor Atr/BPN Kabupaten Purwakarta Fitriyani Hasibuan Jumat (4/10).

“Sosialisasi sudah kita lakukan sebelumnya, dan seluruh pendataan sudah masuk seluruhnya dan penyerahan sertifikat sekitar 10 persen lagi yang belum diserahkan,” ujarnya.

“Sertifikat 44 Ribu meliputi Dua Kecamatan Darangdan dan Kecamatan Plered total 26 desa, karena kurang targetnya maka ditambah dari dua desa lainnya dari Kecamatan Kiara Pedes yaitu Desa Margaluyu dan Gardu jadi totalnya 33 Desa, kita kejar target karena ini merupakan Proyek Strategis Nasional,” paparnya.

“Ada kenaikan dari tahun 2108, namun semua itu kan tergantung target dari pusat, dan nanti puncaknya tanggal 9 Oktober penyerahan sertifikat PTSL akan diserahkan di Desa Neglasari Kecamatan Darangdan dan akan diserahkan langsung oleh Bupati Purwakarta,” tegasnya.

“Kalau ditanya kendalanya dalam program PTSL ini, tentu banyak sekali, namun kami dituntut harus bisa mengatasi dan Kepala Kantor itu harus bisa berinovasi dan inilah hasilnya, target yang tadinya harus selesai di bulan Desember tapi kami bisa selesaikan bulan Oktober ini,”ujarnya

“Untuk menjaga hal yang tidak diinginkan di lapangan terkait pungli kami sudah bekerja sama dengan pihak Kepolisian, jadi silahkan masyarakat membuat aduan bila ada pungutan,” tegasnya.

“Kemudian terkait untuk pengukuran ditahun 2020 nanti akan dikerjasamakan dengan pihak ketiga melalui lelang di pusat, hal ini dilakukan karena tidak adanya penambahan personil di BPN untuk pengukuran bidang,” jelasnya.

“Yang pasti, Atr/BPN Purwakarta mendapatkan penghargaan dari Kementerian Agraria dan Tata Ruang, karena Atr/BPN Purwakarta melakukan proses dan target PTSL lebih cepat,” pungkasnya. (trg/kie)

Komentar Facebook