Beranda Regional Sekcam Rengasdengklok Ajak Warga Budayakan Kebersihan

Sekcam Rengasdengklok Ajak Warga Budayakan Kebersihan

RENGASDENGKLOK, TVBERITA.CO.ID- Ratusan warga Rengasdengklok, Kabupaten Karawang berpartisipasi dalam kegiatan pungut sampah massal sedunia bertajuk World Clean Up Day, Minggu (16/09).

“Kegiatan World Clean Up Day ini dilakukan serentak hampir di seluruh Kota Kabupaten dan juga di lebih dari 150 negara,” kata Sekcam Rengasdengklok, Sri Rejeki.

Di Kabupaten Karawang sendiri kegiatan memungut sampah tersebut menurutnya dibuka kemarin, Sabtu (15/09) di Klari oleh wakil bupati Karawang.

“Di saat bersamaan semua warga di lokasi masing-masing melakukan hal yang sama, untuk hari ini kita pusatkan di sekitaran tugu proklamasi dan ditutup di sekitaran kantor kecamatan lama,” katanya.

Sri Rejeki menjelaskan ratusan warga yang mengikuti kegiatan tersebut di antaranya aparat kepolisian dan TNI, komunitas pecinta lingkungan, LSM dan Ormas, aparatur pemerintahan dari Dinas hingga Kecamatan dan Desa, serta warga sipil dan perwakilan siswa.

Dalam pelaksanaannya saat kegiatan nanti DLHK Kabupaten Karawang mengerahkan beberapa armada pengangkut sampah yang bertugas mengumpulkan sampah yang telah dipungut peserta kegiatan.

“Sampah-sampah yang telah dikumpulkan kemudian dipilah antara sampah organik dan non organik sebelum dimasukkan ke dalam truk sampah dan diangkut ke TPA Jalupang,” katanya.

Untuk pengoptimalan kegiatan tersebut pihaknya mengimbau seluruh lapisan masyarakat turut berpartisipasi dalam aksi pungut sampah ini di lingkungan masing-masing.

“Yang jelas tujuan dari aksi ini kami ingin mengajak masyarakat agar lebih peduli dengan sampah, karena mereka sudah sadar akan bahaya sampah. Selain itu, kami berharap masyarakat juga bisa melakukan bersih-bersih di luar kegiatan ini,” jelasnya.

Karena, menurut dia persoalan sampah bukan hanya menjadi tanggung jawab Pemerintah Kabupaten Karawang semata melainkan juga butuh dukungan dari semua pihak, termasuk masyarakat.

“Semoga kegiatan ini menjadi titik awal masyarakat lebih peduli kebersihan dan setelah kegiatan ini berakhir tidak ada lagi warga yang membuang sampah sembarangan,” pungkasnya.(yay/ris)