Beranda Regional Seleksi Calon Panwas Desa, Panwascam Gelar Tes Wawancara

Seleksi Calon Panwas Desa, Panwascam Gelar Tes Wawancara

KARAWANG, TVBERITA.CO.ID- Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam) Lemahabang, menggelar tes wawancara terhadap 12 calon Panwaslu tingkat Desa/Kelurahan, Jumat (12/1).

Kedua belas calon tersebut sebelumnya telah melalui tahapan seleksi berkas administrasi oleh Pokja Pendaftaran. Kegiatan berlangsung di Sekretariat Panwaslu Kecamatan Lemahabang.

Ketua Pokja Perekrutan Panwas Desa Kecamatan Lemahabang, Saepudin mengatakan, antusias masyarakat terbilang tinggi sejak dibukanya penerimaan calon anggota panwas desa. “Namun pada seleksi berkas, dari 33 pendaftar hanya 12 orang diantaranya yang memenuhi syarat awal,” ujarnya.

Dikatakan, setelah tes wawancara, akan dipilih sebelas peserta yang akan ditempatkan di tiap desa dalam wilayah kecamatan Lemahabang dan bersedia bekerja sepenuh waktu. “Bagi yang terpilih jadi panwas desa harus diap bekerja sesuai hari kalender,” katanya.

Dijelaskan, tugas anggota panwas desa tidaklah mudah, karena mereka jadi perpanjangan tangan dari Panwascam untuk mengawasi setiap proses dari tahapan pilgub nantinya. “Ibaratnya, anggota panwas desa ini ujung tombak pengawasan sekaligus penentu kualitas pilgub Jawa Barat saat ini,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua Panwascam Lemahabang, Budiyawan mengatakan, kendati ada panwas desa, pihaknya meminta agar masyarakat ikut bersama panwas melakukan pengawasan terhadap proses pilgub Jawa Barat.

“Kami berharap peran masyarakat sangat di perlukan sehingga pelaksanaan pesta demokrasi ini akan berjalan sesuai dengan ketentuan yang berlaku,” katanya.

Sebab, lanjut Budi, personil panwas itu terbatas dan wilayah yang harus diawasi cukup luas. Oleh sebab itu semua masyarakat diharapkan bisa berpartisipasi demi menciptakan demokrasi adil, jujur dan berintegritas.(ris)