Beranda Headline Sembarang Gunakan Anggaran Zakat, Baznas Sebut Kemenag dan Bupati Purwakarta Salahi Aturan

Sembarang Gunakan Anggaran Zakat, Baznas Sebut Kemenag dan Bupati Purwakarta Salahi Aturan

Zakat kemenag purwakarta
Kemenag Purwakarta mengaku telah menggunakan anggaran zakat untuk kegiatan Hari Amal Bhakti Purwakarta di bulan Januari 2023.

PURWAKARTA – Kemenag Kabupaten Purwakarta mengaku telah menggunakan anggaran zakat untuk kebutuhan kegiatan di kantornya. Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) menilai hal itu menyalahi aturan.

Bagian Zakat dan Wakaf Kemenag Purwakarta, Ateng Zawa menjelaskan, Kemenag tidak pernah absen dalam penyetoran zakat setiap bulannya.

Namun pada bulan Januari 2023, Ateng mengakui Kemenag langsung menggunakan anggaran zakat tersebut untuk kegiatan Hari Amal Bakti Kemenag Purwakarta beserta seluruh rangkaiannya.

Ia mengakui, prosedur pengajuan penggunaan anggaran zakat salah secara aturan karena semestinya dibuat tertulis.

Baca juga: Disebut Belum Setor Zakat, Kemenag Purwakarta Membantah: Baznas Salah Data!

Namun ia berdalih hal itu sudah dikomunikasikan sebelumnya dengan pihak Baznas, maka pihaknya berani menggunakan anggaran tersebut.

“Pada saat itu Kasubag sudah berkomunikasi dengan Baznas secara lisan, laporan perolehan juga sudah, namun belum mengajukan secara tertulis untuk penggunaan anggaran kegiatan,” ujarnya pada Senin (5/6).

“Kalau aturan pasti salah pak, tetapi kegiatan kan ada,” ujarnya sambil memperlihatkan kegiatan pada bulan Januari 2023.

Sementara Ketua Baznas Kabupaten Purwakarta, Rika Ristiawati saat dihubungi mengatakan pengajuan secara tertulis kepada Baznas belum ada.