Beranda Karawang Siap Perangi Covid-19, Muspika Purwasari Resmikan Kampung Tangguh Desa Cengkong

Siap Perangi Covid-19, Muspika Purwasari Resmikan Kampung Tangguh Desa Cengkong

KARAWANG, TVBERITA.CO.ID – Jajaran Muspika Kecamatan Purwasari meresmikan Kampung Tangguh (Posko Siaga Covid-19) di Kp. Salagedang, Desa Cengkong, Kecamatan Purwasari, Kabupaten Karawang, Senin (22/6/2020).

Nampak hadir dalam acara, Camat Purwasari, Rohmana Setiansyah, didampingi Kapolsek Purwasari Iptu Marsad, Danramil 0412 Klari, Kapten Inf S Panjaitan, Kepala Desa Cengkong A. Santo, Kepala Puskesmas Purwasari dr.Iin Indriati, serta jajaran aparat Desa Cengkong.

Camat Purwasari, Rohmana Setiansyah, mengatakan, dibentuknya kampung tangguh di Desa Cengkong ini guna mendukung kebijakan pemerintah pusat, provinsi dan Daerah.

“Kecamatan Purwasari terus berupaya mencegah dan menangani Covid-19, salah satunya adalah pembentukan kampung tangguh (posko siaga Covid-19),” tuturnya.

Ditunjuknya Desa Cengkong sebagai Kampung Tangguh ini, ungkap Rohman, karena Desa Cengkong memiliki respon yang baik dalam menghadapi pandemi Covid-19 ini.

“Jejak langkahnya cukup bagus, kepeduliannya juga tinggi, makanya kita tunjuk Desa Cengkong sebagai Kampung Percontohan siaga Covid-19,” kata Rohmana.

Sementara itu, Kepala Desa Cengkong, A. Santo, menambahkan, anggaran untuk pembentukan Kampung Tangguh ini diambil dari (Dana Bagi Hasil) DBH Desa.

“Kita pangkas dari DBH untuk membentuk kampung siaga ini,” ucapnya.

Selain dari anggaran desa, kata A. Santo, adanya Kampung Tangguh ini juga berkat hasil swadaya aparatur desa yang peduli menangkal pandemi Covid-19.

“Kesigapan dan antusiasme masyarakat juga sangat baik. Makanya kita tidak ragu saat ditunjuk membentuk Kampung Tangguh ini ketika akhir Ramadan kemarin,” tuturnya.

Menurutnya, Kampung Tangguh ini sudah dilengkapi dengan fasilitas isolasi rawat inap beserta tenaga kesehatan yang siap siaga. “Ternak bebek, ayam, dan ikan juga kita siapkan guna mendukung ketahanan pangan,” tambahnya.

Dirinya berharap, usai diresmikannya Kampung Tangguh ini tidak hanya seremonial semata. Lebih dari itu, ia menginginkan ada manfaat yang bisa dirasakan masyarakat.

“Intinya adalah, kita sudah punya kesiapan, dan mudah-mudahan sih tidak ada penghuni (isolasi) nya, karena kalau ada penghuninya, berarti kan ada yang positif,” tutupnya sambil berseloroh. (kie/fzy)