Beranda Headline Siasat Petani dan DPKP Karawang yang Jengah Ribuan Hektare Sawah Diserbu Hama

Siasat Petani dan DPKP Karawang yang Jengah Ribuan Hektare Sawah Diserbu Hama

Hama sawah petani karawang
DPKP Kabupaten Karawang bersama para petani melakukan gerakan pengendalian terhadap hama penyerang padi.

KARAWANG – Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Kabupaten Karawang bersama para petani melakukan gerakan pengendalian terhadap hama penyerang padi.

Pengendalian ini dipimpin oleh Petugas Pengendali Organisme Pengganggu Tumbuhan (POPT) dan Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) karena 2.700 sawah terdampak hama tikus dan hama penggerek.

“Untuk sawah yang terkena penggerek batang pada 1.900 hektare dan 800 hektare terkena hama tikus,” ujar Ketua POPT Karawang, Wahyu Abdul Aziz saat diwawancarai pada Jumat, 21 Juni 2024.

Baca juga: Pemkab Karawang Gratiskan Pajak Sawah di Bawah 3 Hektare

Pihaknya bersama petani mengaplikasikan insektisida untuk hama penggerek dan memanfaatkan burung hantu jenis Pito Alba untuk pengendalian hama tikus.

Ia memaparkan, dari jumlah ribuan hektar tersebut, wilayah yang paling banyak terdampak adalah Kecamatan Rawamerta dan Tempuran.

“Rawamerta dan Tempuran cukup tinggi dibandingkan kecamatan lain,” paparnya.

Baca juga: Serba-serbi Kegiatan Harganas 2024 di Karawang

Pengendalian ini, lanjut dia, akan terus dilakukan dimasing-masing kecamatan untuk mengantisipasi terjadinya gagal panen.

“Kami selalu berkoordinasi untuk mengantisipasi serangan ini tidak meluas dan dilakukan pengendalian sedini mungkin,” katanya.