Beranda Karawang SMAN 5 Karawang Raih Penghargaan Sekolah Ramah Anak

SMAN 5 Karawang Raih Penghargaan Sekolah Ramah Anak

KARAWANG, TVBERITA.CO.ID– SMAN 5 Karawang berhasil meraih predikat Sekolah Ramah Anak (SRA) tingkat Kabupaten. Penghargaan SRA diserahkan langsung oleh Bupati Karawang, Cellica Nurrachadiana didampingi Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DP3AKB) Provinsi Jawa Barat, Ir. Poppy Sophia Bakur, M.EP dalam acara Hari Anak Nasional (HAN) 2019, Rabu (27/11/2019) siang.

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPPA) Kabupaten Karawang, Abdul Aziz yang ikut mendampingi Bupati mengatakan, SMAN 5 berhasil meraih penghargaan SRA, karena dinilai telah konsisten terhadap perlindungan dan prioritaskan kepentingan terbaik pada anak.

“SMAN 5 Karawang secara terus-menerus menciptakan lingkungan menyenangkan untuk seluruh warga sekolah dan melibatkan partisipasi anak dalam program maupun penerapan disipilin positif,” ungkap Aziz saat diwawancarai.

Sementara Kepala SMAN 5 Karawang, H. Agus Setiawan, mengaku bangga dengan diraihnya predikat SRA. Menurutnya, keberhasilan tersebut bukan semata mata peran kepala sekolah. Tetapi atas kerja bareng dengan seluruh komponen sekolah dari siswa, orang tua siswa, guru, TU, petugas kebersihan hingga Komite Sekolah.

Pihaknya berupaya menghadirkan suasana ramah anak di sekolah, sehingga tidak ada bulying, kekerasan, diskriminasi dan menyediakan berbagai fasilitas untuk siswa.

Setidaknya, lanjut Agus, ada sejumlah indicator yang telah dicapai SMAN 5 Karawang yang meliputi kebijakan sekolah yang mendukung hak hak anak, adanya kurikulum SRA. “Sarana prasarana yang mendukung, tenaga pendidik dan kependidikan yang memadai, partisipasi anak yang tinggi, juga partisipasi siswa, orang tua, masyarakat dan instansi terkait mendukung sepenuhnya kepada SMAN 5 Karawang,” pungkasnya. (nji/kie)