Beranda Regional SMKN 1 Karawang Kembangkan Sekolah Unggulan Lewat Program CoE

SMKN 1 Karawang Kembangkan Sekolah Unggulan Lewat Program CoE

KARAWANG – Sebagai salah satu sekolah kejuruan terfavorit di Jawa Barat, SMKN 1 Karawang kerap kali melakukan berbagai terobosan. Teranyar, sekolah yang beralamat di Tanjung Pura, Kecamatan Karawang Barat, Kabupaten Karawang ini ditunjuk mengembangkan program Center Of Excellence (CoE).

“CoE ini merupakan program dari Kemendikbud melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi dan Direktorat SMK pada pertengahan 2020 lalu,” ungkap Abdul Hafid, Wakasek Bidang Sarana Prasarana SMKN 1 Karawang.

Di Karawang sendiri, jelas Hafid, hanya ada delapan sekolah yang ditunjuk.

“Sasarannya meliputi pengembangan fisik, pendukung sarana dan prasarana sekolah, serta perbaikan dan pengembangan manajerial sekolah.”

“Dan untuk pembangunan gedung CoE ini alhamdulillah sudah rampung sejak akhir 2020 kemarin,” sambungnya, Jumat (23/4/2021).

Ia memaparkan, total bantuan yang diterima sebanyak Rp 5,2 Miliar.

Rinciannya, Rp1,8 M meliputi bangunan gedung COE sebesar Rp 1,14 M, biaya non fisik Rp260 Juta, serta belanja perabot kelas dan sanitasi Rp400 Juta.

“Kemudian Rp3,45 M kita belanjakan untuk pengadaaan alat praktek jurusan mesin dan jurusan pembangunan melalui SIPLah,” jelasnya.

Namun perlu dicatat, bantuan tersebut tak serta merta diserahterimakan begitu saja. Semua sekolah CoE diarahkan agar menjadi sekolah unggulan sehingga bisa memberikan dampak positif ke sekolah-sekolah lainnya.

“Termasuk juga kita diminta membuat gerakan pembinaan ke luar sekolah, contohnya ke desa-desa. Jadi semacam gerakan binaan untuk melakukan beragam pelatihan, mulai dari manajemen administrasi, TKJ, komputerisasi dan lainnya,” terang Hafid.

Hafid melanjutkan, fasilitas yang diterima SMKN 1 Karawang lewat program CoE ini bukan diperuntukkan bagi pihaknya saja. “Fasilitas ini juga bisa digunakan oleh sekolah lain maupun desa di wilayah kita,” imbuh Hafid. (kie)

Artikel sebelumnyaJelang Lebaran, Bepergian ASN Dibatasi
Artikel selanjutnyaSilaturahmi Kebangsaan, Ketum AHY dan Presiden PKS Ahmad Syaikhu