Beranda Regional Soal Distribusi BSB, Kantor Pos Karawang Targetkan Seminggu Tuntas

Soal Distribusi BSB, Kantor Pos Karawang Targetkan Seminggu Tuntas

Kantor Pos Kabupaten Karawang menuntaskan 99 persen Distribusi Bantuan Sosial Beras (BSB) Bulog 10 Kilogram bagi 160.207 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Program PKH dan BST, dengan total beras sekitar 1.600 ton, Jumat (13/8). Pada Kamis kemarin (12/8), Kendaraan pengangkut BSB kembali mengaspal ke 309 Desa dan Kelurahan di Karawang untuk mendistribusikan 924 ton beras bagi 92.415 penerima Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT).

“Mulai Jumat ini, kami bersama tim PHL di lapangan mulai distribusikan langsung BSB ke Desa/Kelurahan khusus untuk KPM BPNT yang jumlahnya 92.415 yang tersebar di 30 Kecamatan. Kita targetkan seminggu atau tanggal 19 Agustus, semua distribusi BSB ini tuntas. Alasannya, selain pusat memang menargetkan 20 Agustus, jumlah BSB BPNT ini juga separuh dari BSB untuk KPM PKH dan BST, di samping itu, suplai beras di Bulog juga sudah siap,” kata Kepala Kantor Pos Karawang, Fahdian Yunardi Hasibuan.

Untuk memastikan BSB ini terserap, sambungnya, selain menyerahkan di setiap Kantor Desa/Kelurahan secara bergiliran, juga mengantarkan langsung ke rumah-rumah KPM yang memang berhalangan datang dan menerima BSB ke Kantor Desa. “Cukup melampirkan KTP dan atau identitas lainnya, KPM yang menerima akan difoto pihak pos dengan kartu identitasnya tersebut dan langsung di-report pihaknya ke pusat.”

“Kami sasar 200 ton sehari di 6 Kecamatan, bagi kami selama pendistribusian BSB ini tidak ada tanggal merah/libur dan harus terus terserap sesuai deadline yang ditargetkan,” paparnya.

Data by name by adress, kata Dian, ada di pihak Pos. Ia juga menjelaskan bahwa pihaknya hanya sebatas penyalur saja. Jika di lapangan ada BSB yang tidak terserap karena misalnya ada KPM pindah keluar kota, meninggal dunia, maka bisa diganti dengan syarat berupa berita acara SPTJM, keterangan RT/ RW atau bahkan Kades dan dipersilakan diberi kepada masyarakat yang dianggap layak dan belum dapat bantuan.

“Kami berharap semua terserap dan bisa didampingi aparat desa setempat saat proses pendistribusiannya agar tertib, lancar dan sesuai protokol kesehatan selama PPKM,” jelasnya.

Kepala Desa Karangtanjung Kecamatan Lemahabang, H Juhari apresiasi kembali bergulirnya BSB bagi penerima BPNT setelah sebelumnya beras serupa diberikan kepada penerima PKH dan BST di bulan ini. Proses distribusi melalui Kantor Pos Karawang dan di dampingi sejumlah PSM dan TKSK, juga di apresiasinya karena berjalan lancar dan tertib. Bersama pihak pos yang memiliki data by name by adress, dipastikan BSB yang di salurkan Jumat (13/8) ini diterima KPM sasaran sesuai jumlah kuota yang ditetapkan.

“Kami menghaturkan terimakasih atas kinerja pihak Pos dan tim bersama aparat desa yang sudah memfasilitasi ketertiban dan kelancaran proses distribusi BSB ini,” tutupnya. (kie)

Artikel sebelumnyaAkhirnya, UBP Karawang Dapat SK Prodi PAI
Artikel selanjutnyaPKB Kabupaten Bekasi Gelar Vaksinasi Untuk Warga