Beranda Regional Sosialisasi Perbankan dan Kewirausahaan, Anggota DPR RI : UMKM Perlu Pendampingan

Sosialisasi Perbankan dan Kewirausahaan, Anggota DPR RI : UMKM Perlu Pendampingan

KARAWANG, TVBERITA.CO.ID – Anggota DPR RI Komisi XI, Vera Febriyanti menilai masih banyak Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) khususnya di Kabupaten Karawang yang kurang berkembang dan bahkan mengalami stagnasi.

Menurutnya, Hal tersebut tentu sangat disayangkan, karena pada dasarnya UMKM yang mendapatkan Kredit Usaha Rakyat (KUR) memiliki potensi besar untuk dapat mengembangkan usahanya dan berdaya saing.

Vera menilai, selama ini UMKM yang mendapatkan KUR kurang mendapatkan pendampingan usaha dari pihak perbankan, sehingga mengalami stagnasi.

“kita mencari solusi bagi UMKM- UMKM, alternatif- alternatif pembiayaan yang memang selama ini UMKM tersebut tidak memiliki Bankable, dimana mereka ingin menggali usahanya melalui para perbankan,” ujarnya menjelaskan kepada awak media usai kegiatan “Sosialisasi Peranan Bank Indonesia Dalam Perkembangan UMKM di Indonesia” yang bertempat di Resinda Hotel, Karawang ,Jawa Barat, Rabu (18/12).

Menurut legislator Partai Demokrat ini, Kabupaten Karawang merupakan wilayah yang mempunyai potensi yang luar biasa melalui produk – produk unggulan UMKM nya, khususnya di bidang pangan.

Ia melihat, beras merah dan beras hitam sebagai produk pangan unggulan di Kabupaten Karawang akan menjadi begitu potensial.

Sehingga tentunya, Kata Vera, kedepan UMKM- UMKM ini dapat diberikan bantuan Perbankan untuk mengembangkan hasil usahanya dan meningkatkan kualitasnya agar mampu menjadi produk unggulan yang siap ekspor.

” ini adalah pertemuan awal kita menyerap aspirasi dan bagaimana aspirasi ini bisa di realisasikan dan dijalankan, Kami akan mendorong pihak perbankan agar bisa memberikan bantuan lunak dan cepat serta tidak berbelit-belit, meski mereka juga harus tetap pruden atau berhati – hati dalam mengeluarkan kreditnya,” kata Vera memaparkan harapannya.

Selain itu, ia menambahkan, pihaknya juga ada beberapa program, seperti pelatihan keterampilan, pendampingan dan lainnya untuk UMKM- UMKM yang ada di Kabupaten Karawang.

“Saya yakin bisa, saya yakin UMKM Karawang akan semakin maju dan berkembang, karena saya ada didalamnya dan akan saya dorong,” imbuhnya. (nna/dhi)