Beranda Regional Studi Banding Penanganan Kemitraan dengan Media, Pemkab Garut Kunjungi Diskominfo

Studi Banding Penanganan Kemitraan dengan Media, Pemkab Garut Kunjungi Diskominfo

PURWAKARTA-Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Purwakarta menerima kunjungan dari DPRD dan jajaran Pemerintah Kabupaten Garut, Rabu (14/4)

Rombongan diterima langsung oleh Kepala Diskominfo Purwakarta, Siti Ida Hamidah beserta jajaran, di Ruang Rapat Common Centre Ogan Lopian, Kompleks Pemerintahan Kabupaten Purwakarta.

Ketua DPRD Kabupaten Garut, Euis Ida Wartiah bersama Anggota Komisi I yang membidangi Komunikasi dan Informatika bertandang ke Kabupaten Purwakarta melakukan konsultasi dan sharing penanganan kemitraan dengan media.

Kata Euis, pihaknya memilih Kabupaten Purwakarta karena merupakan daerah yang cukup berhasil melakukan komunikasi dan kemitraan strategis dengan media hingga tercipta iklim yang kondusif dan berhasil melakukan terobosan dalam berbagai sektor pembangunan.

“Purwakarta ini memang istimewa terutama dalam bidang pengelolaan sektor komunikasi dan informatika terlebih dalam menjalin kemitraan dengan media masa baik lokal, regional dan nasional sehingga terbangun iklim yang kondusif,” kata Euis disela-sela kunjungan kerja di Purwakarta, Rabu (14/4).

Euis menyatakan Kabupaten Garut akan belajar dari Purwakarta terkait penanganan kemitraan dengan media melalui Dinas Komunikasi dan Informatika.

“Kami datang ke Purwakarta membawa Kepala Dinas Kominfo dan para Kabid dan Kasie terkait untuk melakukan konsultasi dan meniru pola yang dikembangkan di Purwakarta,” ungkapnya.

Sementara, Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Garut, Muksin membenarkan kedatangannya ke Purwakarta atas ajakan Komisi I DPRD Garut untuk melakukan konsultasi terkait penanganan kemitraan dengan media. “Kami mendampingi para Anggota Komisi I DPRD Garut dan melakukan sharing dan diskusi mengambil pola yang dikembangkan di Purwakarta,” ujarnya.

Muksin tidak menampik jika di Kabupaten Garut pihaknya tengah menata dan membangun pola kemitraan dengan media yang kini tumbuh subur seiring dengan perkembangan teknologi informasi.

“Perkembangan teknologi digital telah merubah tatanan media yang semakin dinamis sehingga memerlukan penanganan yang tepat dan selaras sehingga menopang laju pembangunan di Kabupaten Garut,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Purwakarta, Siti Ida Hamidah mengakui pihaknya selama ini membangun pola kemitraan yang kondusif dengan media sehingga menghasilkan keselarasan informasi dalam mendorong percepatan pembangunan di Purwakarta.

“Kami memang melakukan kerjasama media sejak kepemimpinan Bapak Bupati Dedi Mulyadi yang sangat inten dengan media, beliau sangat populer dikalangan awak media sehingga semua produk pembangunan tersampaikan dengan baik kepada masyarakat melalui kekuatan media,” katanya.

Ida tidak menampik pihaknya mengalokasikan anggaran cukup besar dalam menjalin kemitraan dengan media melalui APBD yang dijalankan sesuai regulasi yang ada.

“Memang anggaran sebelum terkena refocusing Covid-19, kami alokasikan sebanyak Rp 3,5 milar diluar kegiatan lainnya dengan kalangan media, namun saat ini anggaran terpotong refocusing sehingga besarannya berkurang,” tuturnya.

Namun demikian, lanjut Ida pengurangan anggaran kemitraan media tidak membuat hubungan media terganggu karena komunikasi telah terjalin dengan baik dan semua pihak dapat memahami saat bersama-sama harus menghadapi pandemi Covid-19. (trg)

Artikel sebelumnyaSekda Karawang; Kades Setelah Dilantik, Harus Tetap Patuh Pada Aturan
Artikel selanjutnyaIni Tips Berkendara Saat Puasa Ala Dishub Purwakarta