Beranda Headline Sudah Bisa Diklaim, Begini Cara Dapat Stimulus dan Gratis PBB di Karawang

Sudah Bisa Diklaim, Begini Cara Dapat Stimulus dan Gratis PBB di Karawang

KARAWANG– Kabar gembira bagi masyarakat Karawang yang akan membayar Pajak Bumi dan Bangunan (PBB). Pemkab menggratisakan PBB sawah dengan kriteria tertentu yang bisa sangat melegakan kantong hati dan kantong masyarakat.

Kebijakan menggratiskan PBB lahan sawah, berlaku kepada warga Karawang yang memililki lahan di bawah satu hekatare. Kebijakan ini mulai berlaku per 15 Maret 2022 kemarin.

Baca juga: Kenaikan NJOP PBB Diprotes Apdesi, Bapenda Karawang Sebut Demi Dongkrak Nilai Ekonomis Tanah

“Sasaran diberikan hanya untuk objek pajak sawah dengan luas bumi secara akumulatif kurang dari atau sama dengan 10.000 meter persegi per wajib pajak dan besaran NJOP Rp. 27.000,- sampai dengan  Rp. 82.000,- per meter persegi,” kata Aang menjelaskan sasaran gratis PBB lahan sawah.

Untuk bisa mendapat gratis PBB lahan sawah, wajib pajak hanya perlu memiliki KTP domisil Karawang, membawa fotokop SPPT tahun berjalan, membawa sertifikat atau bukti kepemilikan lain atas lahan/tanah, surat pemohonan penggratisan pajak yang ditandatangani oleh kepala desa atau lurah, jika wajib pajak telah wafat pengurusan penggratisan pajak bisa diurus oleh ahli waris wajib pajak. Apabila permohonan sudah lengkap dapat disampaikan ke kantor Bapenda Karawang.

Sedangkan untuk stimulus PBB yang jumlahnya 0 sampai 10 persen, sudah dihitung secara otomatis melalui sistem berdasarkan perhitungan selisih kenaikan nilai PBB yang harus dibayarkan oleh wajib pajak. Stimulus dimaksud sudah tertera dalam SPPT. (kii)