Beranda Regional Tahun 2021, Karawang Punya Masjid Agung Megah Senilai Rp50 Milliar

Tahun 2021, Karawang Punya Masjid Agung Megah Senilai Rp50 Milliar

KARAWANG, TVBERITA.CO.ID- Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kabupaten Karawang, Acep Jamhuri, mengatakan tahun 2021 mendatang masyarakat Karawang akan memiliki sebuah Masjid Agung yang megah.

Nantinya masjid tersebut akan menjadi sebuah destinasi wisata rohani dengan pondok pesantren Syech Quro dan sebuah Museum Sejarah Karawang disekitarnya. Selain itu, wajah asli Masjid Agung Karawang akan dikembalikan pada bentuk semula, seperti saat pertama kali dibangun oleh Syech Quro dengan dipadukan pada nuansa modern.

“Insya Allah, tahun 2021 mendatang pembangunan akan selesai. Tahun ini kita sudah selesai dengan halaman belakang masjid, serta pengarugan di kuburannya tanpa melakukan pemindahan,”ungkap Acep kepada Koran Berita beberapa waktu lalu. Selain itu , lanjutnya, pihaknya pun sudah melakukan renovasi pembangunan tempat berwudhu.

“Saat ini masih terus dikerjakan dan selesai tahun 2018 nanti. Baru kemudian dilanjutkan pembangunan Alun- alun, pondok pesantren dan museum. Saat ini kita baru masuk pada tahapan lelang,” ujar Acep yang juga menjabat sebagai Ketua Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Agung Karawang itu.

Oleh karenanya, untuk pembangunan masjid yang megah dan berkarakteristik , dengan sebuah Pondok Pesantren dan sebuah Museum. Pihaknya juga akan memperindah lingkungan di sekitar masjid. Dan berdasarkan perhitungan, ungkap Acep, membutuhkan anggaran yang cukup besar yaitu sekitar kurang lebih Rp. 50 Miliar.

Dinas PUPR sendiri tambahnya, telah Mengusulkan bantuan sebesar Rp. 30 miliar kepada Pemprov Jabar untuk progress pembangunan masjid Agung tahun 2019 mendatang. Dimana untuk ditahun 2018 ini, Pemprov Jabar telah memberikan bantuan sebesar Rp. 9 Miliar.

“Anggaran tahun ini untuk pembangunan Masjid Agung Karawang kita mendapatkan bantuan Rp. 9 Miliar dari Pemprov Jabar dan Rp. 9 Miliar dari APBD Karawang,”ulasnya.

Selain mengusulkan bantuan sebesar R. 30 Miliar kepada Pemrov Jabar, Acep menerangkan bahwa pihaknya juga telah memgusulkan anggaran sebesar Rp. 15 miliar dari APBD Karawang untuk tahun 2019 mendatang.

“Karena nantinya kita pun akan membangun tempat parkir bawah tanah atau basement. Selain itu, nantinya akan dibangun tempat khusus untuk para pedagang yang berjualan di sekitar Alun-alun Karawang. Akan kita sediakan tempat khusus untuk kuliner yang akan ditata dengan rapi. Sehingga nanti Alun-alun dan Masjid Agung akan terlihat cantik dan tertata,”tandasnya.

Ia menyebutkan, Masjid Agung Karawang, merupakan salah satu destinasi wisata rohani yang paling menarik dikunjungi. Karena menyimpan sejarah yang sangat penting bagi Kabupaten Karawang. Selain itu, di sekitar masjid juga terdapat kawasan wisata kuliner yang menyediakan banyak jajanan.

“Renovasi Masjid Agung dan penataan alun-alun sudah masuk dalam Rancangan Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD). Dan tentu dapat meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari segi pariwisata, karenanya silahkan bersabar, dan Insya Allah 2021mendatang semua sudah selesai, “pungkasnya.(nin/ds)