Beranda Regional Tahun Ajaran Baru, Pengawas Sekolah Hadapi Regulasi IT

Tahun Ajaran Baru, Pengawas Sekolah Hadapi Regulasi IT

KARAWANG, TVBERITA.CO.ID- Rotasi mutasi jabatan di lingkup Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Karawang dirasa membawa perubahan positif dan semangat baru. Selain itu, banyak pihak berharap lingkungan pendidikan di Kabupaten Karawang berjalan optimal sesuai tupoksinya demi mewujudkan pemenuhan mutu dan kualitas pendidikan.

Ketua Kelompok Kerja Pengawas Sekolah (KKPS) Karawang, Asep Ismail Yusuf mengatakan, segudang pekerjaan rumah telah menanti para pengawas sekolah, salah satunya program-program dari regulasi bersifat Ilmu Teknologi (IT).

“Di era global yang serba IT ini, semuanya dituntut untuk mampu menyesuaikan dengan keadaan zaman yang begitu cepat perubahannya,” ucap Asep saat diwawancarai, Selasa (8/7/2019) pagi.

Asep menuturkan, para pengawas akan dihadapkan dengan beragam regulasi yang sangat signifikan ditahun-tahun mendatang. Mulai tahun ajaran 2019-2020, sebut Iyus, ada Supervisi pemenuhan mutu melalui aplikasi secara online yaitu pemantauan SPMI, pemantauan PPK, Pemantauan literasi dan RKAS.

“Banyak program – program yang harus dilaksanakan dengan sasaran utamanya demi terwujudnya pemenuhan mutu,” kata Asep.

Bukan saja Pengawas, kata Asep, tetapi Kepala Sekolah dan Guru juga harus ikut berkontribusi bersama dalam peningkatan kompetensi secara berkelanjutan tahap.

“Selaku Pengawas ke depan harus mampu membina, membimbing dan melatih sekolah binaanya dalam hal e-EDS , e-RKAS yang langsung tersambung ke pihak kementrian Pendidikan, karena kita sebagai pengajar, pelatih dan Konsultan bagi sekolah binaannya,” jelasnya.

“Semua itu, dalam rangka menjalankan tupoksi kita selaku garda terdepan dalam pemenuhan mutu pendidikan, “katanya mengingatkan.(cr2/ris)