Beranda Regional Tanggul Jebol, Ratusan Hektar Sawah Terancam Gagal Panen di Jayakerta

Tanggul Jebol, Ratusan Hektar Sawah Terancam Gagal Panen di Jayakerta

JAYAKERTA, TVBERITA.CO.ID- Ratusan rumah di Dusun Campea Desa Kampungsawah, Kecamatan Jayakerta, Kabupaten Karawang, terendam akibat jebolnya tanggul saluran irigasi tersier di Desa Medangasem, Senin (05/02).

Selain itu ratusan hektare sawah petani Kecamatan Jayakerta, Kabupaten Karawang, juga terancam gagal panen. Menurut keterangan Kepala Desa Kampungsawah, Adi, tanggul saluran irigasi di Desa Medangasem tersebut jebol pada Minggu (04/02) pagi.

“Memang yang jebol tanggul irigasi di Desa Medangasem, tetapi yang terkena dampak adalah masyarakat Kampungsawah,” terang Adi, Senin (05/02).

Saluran irigasi tersebut jebol sepanjang 2 meter, menurutnya saat kejadian debit air saluran irigasi sedang penuh dan hampir luber. Kondisi tersebut diperparah dengan kondisi tanggul yang sudah rapuh.

Ambrolnya dinding saluran itu membuat sebagian besar air terbuang. Jika tak segera ditangani dikhawatirkan bagian saluran yang jebol akan terus memanjang. Parahnya, air buangan dari saluran itu menggenangi ratusan rumah yang letaknya tak jauh dari lokasi jebol.

“Saat ini baru puluhan hektare sawah yang terdampak. namun jika saluran irigasi ini dibiarkan, ratusan hektar milik warga terancam gagal panen dan ratusan rumah terendam banjir,” imbuhnya.

Menurutnya, pasca kerusakan saluran itu warga sudah mencoba begotong royong dan bermusyawarah untuk memperbaikinya. Karena jika tidak segera diperbaiki, diyakini akan mempengaruhi hasil panen, bahkan bila terus dibiarkan bisa menyebabkan gagal panen.

Namun demikian, meski warga sudah mencoba bergotong royong tetap berharap saluran tersebut diperbaiki oleh instansi terkait. Karena gotong royong yang dilakukan, sebagai salah satu solusi mengatasi masalah kebanjiran, sebelum saluran yang ambrol itu dibangun oleh dinas terkait.

“Kita berharap masalah ini segera dapat diatasi, Penanganan secepatnya selain untuk kelancaran air pertanian juga untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan,” pungkasnya.(yay/ris)