Beranda Karawang Tanggul Situ Jungkur Jebol, BPBD Karawang Minta BBWS Bertindak

Tanggul Situ Jungkur Jebol, BPBD Karawang Minta BBWS Bertindak

Situ jungkur karawang jebol
Potret tanggul Situ Jungkur, Karawang yang jebol.

KARAWANG – Tanggul Situ Jungkur di Desa Kutalanggeng, Kecamatan Tegalwaru, Karawang jebol. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Karawang meminta BBWS menindaklanjuti persoalan tersebut.

Kepala BPBD Karawang, Mahpudin mengungkapkan, peristiwa tanggul Situ Jungkur jebol terjadi pada Jumat, 1 Desember 2023 sekira pukul 03.00 WIB.

Akibatnya, sebanyak 2 rumah termasuk areal sawah di sekitar lokasi terdampak. “Itukan perairan untuk mengairi persawahan disana, karena jebol ada beberapa areal sawah yang terdampak. Dan ada juga 2 rumah warga yang memang dekat dengan tanggul yang terendam,” ujarnya, Selasa, 5 Desember 2023.

Baca juga: Musim Hujan Sebentar Lagi, BPBD Karawang Ingatkan Warga Bersiap Hadapi Ancaman Banjir

Saat ini, pihaknya mengaku telah berkoordinasi dan meminta BBWS menindaklanjuti tanggul yang jebol tersebut. Sebab, hal itu merupakan kewenangan langsung dari BBWS.

“Kita telah berkoordinasi dengan pihak BBWS untuk penanganan lebih lanjut terkait jebolnya Tanggul Situ Jungkur karena itu merupakan kewenangan mereka (BBWS). Dan BBWS pun telah meninjau ke lokasi,” Jelasnya.

Baca juga: Populasi Merosot Imbas Perang, Presiden Putin Desak Wanita Rusia Lahirkan 8 Anak

“Jadi, kita dari Pemkab Karawang mendorong agar sesegera mungkin permasalahan tanggul jebol itu diselesaikan,” tandasnya.

Selain itu, BPBD Karawang diakuinya sudah melakukan antisipasi agar dampak jebolnya tanggul tidak meluas ke masyarakat.

“Sampai hari ini kita masih melakukan penanggulangan dan upaya antisipasi dampak jebolnya tanggul itu ke masyarakat,” jelasnya. (*)