Beranda Regional Tanpa Koordinasi, Salah Satu Perusahaan Lakukan Rekrutmen di Luar Karawang

Tanpa Koordinasi, Salah Satu Perusahaan Lakukan Rekrutmen di Luar Karawang

Satgasos Karang Taruna Karawang Inspeksi calon tenaga kerja di luar karawang hal tersebut diapresiasi oleh Dudung selaku Ketua Paguyuban Tandang Karawang.

“Kami sangat apresiasi dengan langkah-langkah yang dilakukan satgasos, yang sangat peduli terhadap kondisi Karawang dalam upaya penyerapan Tenaga Kerja bagi Warga Karawang,” kata Dudung Kamis (20/5/2021)

Menurut Dudung jelas ini adalah sebuah tamparan keras bagi pemerintah kabupaten Karawang. Bagaimana tidak, tatkala 266.000 pengangguran Karawang sedang mengejar hak mereka di tanah kelahirannya untuk mendapatkan pekerjaan, tiba-tiba kejadian seperti ini, pekerja dari luar Karawang masuk Karawang tanpa ada koordinasi dengan pihak pemerintah dalam hal ini Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi.

“Semua komponen saat ini sedang berupaya mensukseskan program 100 hari kerja Bupati dan Wakil Bupati Karawang terpilih, tapi ini malah di cederai oleh perusahaan yang melanggar aturan.” ujarnya.

Dudung juga membeberkan bahwa Karawang punya Perda No 1 Tahun 2011 Tentang Ketenagakerjaan dan Perbup No 8 Tahun 2016 Tentang Perluasan Kesempatan Kerja yang salah satu poinnya adalah dengan konsep satu Pintu Melalui Disnakertrans.

“Karawang juga punya info loker online, apakah perusahaan tidak tau aturan itu ? Kalau mereka tau ya laksanakan, hargailah produk hukum pemerintah Karawang” tegas Dudung.

Lanjut Dudung, kalau memang menghargai masyarakat Karawang, di Karawang juga banyak LPTKS, LPK dan penyalur tenaga kerja.

“Kenapa harus pake perusahaan luar, tolonglah utamakan pengusaha lokal dan libatkan mereka dalam operasional perusahaan, dan tentunya perusahaan yang mempunyai legalitas hukum yang sah dan sesuai aturan,” pungkasnya.

Dudung meminta pihak Pengawas Tenaga kerja dan dinas Tenaga Kerja Kabupaten Karawang melakukan Pemeriksaan khusus kepada Perusahaan tersebut. (ddi)

Artikel sebelumnyaJimmy Tanda Tangani Surat Pengunduran dari PKB di Hadapan Puluhan Media
Artikel selanjutnyaPKB Karawang Minta Jimmy Bersikap Dewasa