Beranda Headline Telan Anggaran Rp10 M, Jembatan KW 6 Karawang Diresmikan

Telan Anggaran Rp10 M, Jembatan KW 6 Karawang Diresmikan

foto: istimewa/Kominfo Karawang.

KARAWANG – Jembatan KW 6 resmi beroperasi ditandai dengan diresmikannya jembatan yang populer disebut ‘Jembatan Kepuh’ ini, Rabu (29/12/2021) pagi. Peresmian dilakukan oleh Bupati Karawang, dr. Hj. Cellica Nurrachadiana.

Jembatan sepanjang 43,50 meter dengan lebar 7 meter ini ditandai dengan penandatanganan dan pengguntingan pita oleh Bupati Cellica didampingi Sekda H. Acep Jamhuri, Kepala PUPR, Camat Karawang Barat.

Selain menjadi jalur alternatif ke objek wisata sejarah Rawagede, jembatan yang menelan anggaran sebesar Rp10 Miliar ini diharapkan dapat membangkitkan ekonomi masyarakat di sepanjang jalur. Sebab, transportasi masyarakat akan lebih mudah.

Bupati Cellica mengatakan ketersediaan sarana infrastruktur yang memadai menjadi salah satu kebutuhan pokok masyarakat. Pembangunan jembatan KW 6 dirancang sudah sejak lama, dengan tujuan mengurangi kemacetan.

“Meski sempat terhenti karena covid, tapi alhamdulillah sekarang jembatan ini sudah bisa digunakan. Lokasi ini banyak perumahan perumahan. Semoga bisa dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat,” kata Bupati.

Kadis PUPR Karawang, Dedi Ahdiyat mengungkapkan, keberadaan jembatan KW 6 ini menghubungkan Desa Sumurgede Kecamatan Rawamerta. Jarak dari jembatan menuju lokasi diperkirakan sejauh 25 kilometer.

“Kita tinggal merencanakan pelebaran jalan untuk lebih mendukung akses tersebut,” ucap Kadis PUPR.

Dedi melaporkan, jembatan dibangun melalui dua tahap. Tahap pertama di tahun 2019 menghabiskan anggaran 8.248.000.000. Proses pembangunan sempat terhenti akibat recofusing anggaran covid 19 di tahun 2020.

“Tahap kedua dilanjutkan tahun ini dengan menghabiskan anggaran 2.195.000.000. Jadi total anggaran mencapai 10.544.080.000,” beber Dedi.