Beranda Regional Terjaring OTT, 2 Pegawai BPN Bekasi Diamankan Tim Saber Pungli

Terjaring OTT, 2 Pegawai BPN Bekasi Diamankan Tim Saber Pungli

BEKASI, TVBERITA.CO.ID- Kepolisian Resor Metro Bekasi melakukan operasi tangkap tangan terhadap oknum pegawai Kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Selasa (13/3/2018) lalu.

Empat pegawai ditangkap karena diduga terkait pungutan liar dalam proses pengurusan dokumen. Kepala Satuan Reserse Kriminal Polrestro Bekasi AKBP Rizal Marito menyampaikan, saat ini polisi belum menetapkan oknum pegawai BPN itu sebagai tersangka.

“Belum. Hari ini baru gelar perkara. Habis gelar kami tetapkan,” ucap Rizal saat dihubungi, Kamis (15/3/2018).

Rizal menyampaikan, penetapan tersangka tergantung pada alat bukti dan keterangan yang dihimpun. “Alat bukti berupa keterangan saksi, keterangan ahli, surat, atau dokumen dan petunjuk. Lihat juga berdasarkan keterangan dan alat bukti, siapa yang bisa kami tetapkan sebagai tersangka,” ucap Rizal. Polisi masih memeriksa empat orang pegawai yang ditangkap itu.

Penangkapan ini bermula dari laporan masyarakat. Polisi menyita barang bukti uang Rp 20 juta dalam penangkapan ini. Sebanyak Rp 10 juta didapat saat penangkapan di lokasi kejadian dan sisanya dari hasil pengembangan.

Ketua DPRD Kabupaten Bekasi Daris mengapresiasi kinerja Satgas Saber Pungli yang menciduk 2 oknum pegawai BPN Kabupaten Bekasi.

Menurutnya, itu sebagai bukti bahwa Saber Pungli betul-betul aktif di Kabupaten Bekasi terutama di BPN. Daris menekankan pungli bukan hanya di BPN.

“Ini bukan persoalan kecil, Saber Pungli harusnya adanya di Disdukcapil. Dari 3 juta masyarakat, 1 orang pembuatan KTP bisa sampai Rp300-Rp400 ribu,” ucap Daris.

“Saya bersyukur. Apalagi sekarang sedang gembar-gembor pemerintah, kepemilikan tanah dipermudah dan agar masyarakat punya administrasi kependudukan. Sangat dipersulit dan mahal oleh oknum,” katanya.(kb)